Banjir Manusia, Haul Kiai Gede Akan Jadi Kalender Pariwisata Kobar

    Editor: Akhiruddin

    PANGKALAN BUIN – Ribuan Umat Muslim dari Kalimantan dan Jawa memadati Haul Akbar Kiai Gede Ke 11 di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Minggu (24/3/2019).

    Kyai Gede merupakan salah satu tokoh Ulama yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam, khususnya di wilayah Kobar.

    Tidak hanya berperan penting terhadap syiar Islam, Kiai Gede juga memiliki peran penting dalam masa perjalanan Kerajaan Kutawaringin. Umat Muslim yang memadati areal lokasi Masjid Agung Kiai Gede bukan hanya berasal dari wilayah Kobar, namun juga datang dari berbagai kabupaten lain di Kalteng bahkan dari Jawa.

    Semua tampak khusuk mengikuti rangkaian Tahlil Akbar dan Tausiah oleh Habib Zeen Muhsin Al Hinduan dari Jawa Timur. Bupati Kobar Hj Nurhidayah juga hadir bersama suami HM Ruslan AS .

    Dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana atas suksesnya kegiatan ini. Bupati enyambut baik pelaksanaan Haul Kiai Gede, karena merupakan komitmenya bersama Waki Bupati Ahmadi Riansayah yang telah menetapkan wilayah kecamatan Kotawaringin Lama sebagai destinasi wisata religi.

    “Kegiatan ini merupakan salah satu event pendukungnya. Kedepan akan terus kita benahi, termasuk sarana dan prasarana penunjang, termasuk di komplek Makam Kiai Gede ini,” kata Hj. Nurhidayah.

    Lanjut Bupati jika kegiatan Haul Akbar Kiai Gede ini adalah bagian dari pelaksanaan festival religi yang juga dimasukkan ke dalam kalender event pariwisata di Kobar. Bupati juga berharap dengan peningkatan kunjungan kewilayah Kotawaringin Lama seperti hari ini, memberi dampak positif khususnya di sektor perekonomian masyarakat.

    “Dari laporan panitia tercatat, terdapat sejumlah 180 lapak penjual yang menyediakan berbagai kebutuhan para peziarah. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama pemerintah memaksimalkan segala potensi yang ada bagi perkembangan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati. (man/beritasampit.co.id)