Kemeriahan Pembukaan MTQ ke 50 Tingkat Kecamatan MHS

    SAMPIT – Pelaksanaan malam pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 50 tingkat kecamatan Mentaya Hilir Selatan, di Kelurahan Samuda Kota berlangsung sangat meriah.

    Dimana, selain panggung yang didesain sangat megah, aksi pentas pada pembukaam itu pun sangat memukau.

    Camat Mentaya Hilir Selatan (MHS) Drs Syahrial mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dan terpukau melihat aksi malam perhelatan pembukaan MTQ ke 50 tingkat kecamatan.

    “Saya ketika masuk lokasi bersama Kapolsek melihat kegiatan ini kaget karena antusias dukungan masyarakat yang hadir begitu luar biasa. MTQ Kecamatan tapi rasanya MTQ Kabupaten karena saking ramainya masyarakat turut menyaksikan pembukaan tadi,” puji camat kepada panitia serta tim pelaksananya, Minggu (24/3/2019) malam.

    Menurutnya, malam pembukaan saja, antusias masyarakat Kelurahan Samuda Kota sebegini banyaknya. Apalagi malam selanjutnya, kalau semua datang dari desa dan kecamatan tetanga lainya, dirinya tak bisa membayangkan.

    Masih kata dia, tampilan pembukaan yang tersusun rapi ditambah kaloborasi panduan suara yang indah dan drama kolosal seorang ulama besar yang disajikan secara apik menjadi bahan pengetahuan dan tauladan bagi anak-anak generasi milenial sesunguhnya.

    “Kegiatan MTQ ke 50 kali ini sebagai wadah memberikan suatu media atau saluran kepada anak-anak, remaja, di masa sekolahnya turut ambil bagian, bisa mengembangkan bakat, minat dan keinginan mereka untuk mendalami Kitab Suci Al-Qur’an sebagai mana tema kita gali potensi, minat dan baca Al-Qur’an menuju generasi yang Qur’an yang unggul, cerdas dan berakhkul karimah,” ungkap Syahrial.

    Tambah dia, pada rencana mau pelaksanaan MTQ, dirinya sempat pesimis dengan kegiatan MTQ karena tidak ada penganggaran sebelumnya. Namun atas kerjasama yang solid dengan potensi dukungan masyarakat yang ada, pihaknya bertekad bersama LPTQ, PHBI, tokoh masyarakat dan tokoh agama tetap menyelenggarakan MTQ tingkat kecamatan ini.

    “Saya baru menjabat sekitar enam bulan disini secara pribadi terkesan. Insya Allah pada tahun yang akan datang Kecamatan akan menganggarkannya,” ujar Syahrial dihadapan seluruh perserta dan undangan yang hadir.

    Sementara itu, Ketua LPTQ Kecamatan MHS Sa’ban memuji kegiatan MTQ yang di laksanakan masyarakat Kelurahan Samuda yang sangat luar biasa. Selama sejarahnya berjalannya kegiatan MTQ tingkat kecamatan, panggung terbesar yang dibuat hanya ada disini.

    “Termegah juga ada disini dan peserta terbanyaknya juga ada disini. Artinya, telah banyak tumbuh generasi milenial Al-Qur’an di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan ini,” ungkapnya.

    Oleh karena itu, katanya, tugas bersama-sama bagaimana mewadahi mereka yang sudah gemar membaca Al Qur’an, menulis dan memahami isi kandungannya.

    “Insya Allah, keberkahan Al-Qur’an yang kita saksikan malam hari ini akan membawa Rahmat bagi kita semua,” terangnya.

    Untuk diketahui dari catatan pantia, peserta kafilah yang turut dalam kontestan MTQ sebanyak 300 orang, terdiri dari 8 desa dan dua kelurahan yang turut ambil bagian, mulai tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa di berbagai cabang lomba.

    (mar/beritasampit)