Bawaslu Akan Melatih Saksi-Saksi Pemilu 2019 dari Parpol

    Editor : Maulana Kawit

    PALANGKA RAYA – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif berbagai pihak terus mempersiapkan segala sesuatu dalam mensukseskan perhelatan pesta demokrasi tersebut.

    Tak terkecuali Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang juga meningkatkan fungsi pengawasannya. Kepala Bawaslu Kalteng, Satriadi mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar pelatihan saksi bagi partai politik peserta pemilu 2019.

    “Saksi dari partai politik yang melatihnya dari Bawaslu, dengan tujuan agar para saksi ini nantinya paham tugas dan fungsinya dan dalam waktu dekat ini kita akan melakukan pelatihan saksi,” ucap Satriadi di Palangka Raya. Selasa (26/3/2019).

    Lanjut Satriadi bahwa nantinya dari partai politik tersebut yang akan mengajukan nama-nama saksi kepada Bawaslu yang nantinya akan diikutsertakan dalam pelatihan saksi tersebut yang digelar pada awal bulan April nanti.

    Lanjut Satriadi pihaknya berharap peran serta parpol untuk menyerahkan nama-nama saksi setiap parpol dimana nantinya satu orang saksi akan ditempatkan di setiap satu TPS dan diharapkan bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang ada di TPS.

    “Pelatihan saksi rencananya akan dilaksanakan di tingkat kecamatan mengingat jumlah TPS yang terlalu banyak, maka parpol di tingkat kabupaten bisa mengirimkan nama-nama saksi kepada Bawaslu Kabupaten agar diikutsertakan dalam pelatihan,” tutup Satriadi.

    (apr/beritasampit.co.id)