Dharmasanti, Jalin Sinergi Untuk Kerukunan Umat Beragama

584

SAMPIT – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) Kementerian Agama RI, I Ketut Widnya menghadiri perayaan Dharmasanti tahun Saka 1941/2019 yang digelar Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) Kab. Kotim di gedung Serbaguna Kabupaten Kotawaringain Timur (Kotim), provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (25/3/2019).

Dharmasanti adalah salah satu dari rangkaian perayaan hari raya Nyepi umat Hindu yang berupa pertemuan untuk saling memaafkan kesalahan masing-masing dan berjanji untuk tidak membuat kesalahan lagi di kemudian hari.

Dirjen Bimas Hindu menyebut perayaan Dharmasanti ini dapat dijadikan momen untuk menjalin sinergi dalam memperkokoh kebersamaan, persatuan, dan kerukunan umat beragama khususnya di wilayah Kalimantan Tengah.

Hal itu menurut dia sesuai dengan dengan tema sentral perayaan Nyepi “Dengan Pelaksanaan Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019”. Tema ini merefleksikan keinginan umat Hindu untuk berkontribusi mewujudkan pilpres dan pileg 2019 yang aman dan damai.

Baca Juga:   Ditanya Bonus yang Dijanjikan, Ini Jawaban Bupati Kotim untuk Atlet Peraih Mendali di Porprov XI..?

Karena itu Dirjen Bimas Hindu meminta umat Hindu di Kotim untuk bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan umat agama lain dalam menjaga kebersamaan, kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Pada kesempatan itu, Dirjen Bimas Hindu juga menyampaikan terimakasih kepada Pemda Kotim yang telah memfasilitasi umat Hindu untuk melaksanakan perayaan Dharmasati Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941.

Ketua PHDI Kotim, I Gede Sukadana mengatakan umat Hindu di Kotim sangat antusias ingin bertemu dengan Dirjen Bimas Hindu karena ini merupakan kunjungan perdananya di bumi Habaring Hurung. Hal itu terlihat dari peningkatan umat yang hadir hingga sekitar 800 orang, dimana pada tahun lalu hanya dihadiri 300 orang.

Baca Juga:   Terjaring Razia Satpol PP, Pelajar SD Membuat Pengakuan yang Mengejutkan

“Ternyata umat hindu di Kalteng ingin melihat langsung dan foto bersama dengan orang nomor satu di jajaran Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama,” ucapnya.

Dharmasanti diisi dengan pertunjukan tari, pembacaan kitab suci Weda dan Panaturan, serta dialog. Acara dilanjutkan dengan sembahyang bersama di Pura Tri Bhuwana Agung, dimana Dirjen menyampaikan Dharmawacana (ceramah agama) kepada umat Hindu yang hadir di tempat itu.

Dharmasanti dihadiri pula Bupati Kotim H. Supian Hadi, Sekretaris DPRD Kotim, Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim H. Syamsuddin, Ketua PHDI Kalteng, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Kalteng Sisto Hartati, Kapolsek Mentawa Baru Ketapang, pengurus Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MBAHK) Palangka Raya, dan pengurus Majelis Agama Khonghuchu Indonesia (Makin) Kabupaten Kotim.

(rlsparisadakotim/beritasampit.co.id)