Pentingnya Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA – Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa kesetaraan gender dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi aspek penting.

    Karena gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global, semua baik laki-laki maupun perempuan dilibatkan dalam pembangunan dengan mengedepankan prinsip kesetaraan.

    “Karenanya keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan maupun pelaksanaan dalam pembangunan, karena itu menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan,” ujar Windu Subagio usai membuka Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) yang digelar oleh Dinas Sosial PMDPP-PA Sukamara di BPG, Selasa (26/3/2019).

    Windu menerangkan bahwa kesetaraan gender di Indonesia masih memprihatinkan dibanding negara lain. Penyebabnya karena masih banyaknya pemahaman yang tidak pas tentang pemahaman keadilan gender.

    “Seringkali keadilan gender diartikan pemberian porsi kesempatan yang lebih besar pada perempuan,” ucap Windu.

    “Dengan adanya kegiatan ini agar semua SOPD dapat mendorong pengarusutamaan Gender dalam proses perencanaan pembangunan dan program kegiatan selalu melibatkan peran laki-laki dan perempuan,” tukas Windu.

    (enn/beritasampit.co.id)