Inilah Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Kalteng Pada Triwulan II 2019

    PALANGKA RAYA – Selain membahas data-data terkait pertumbuhan ekonomi dan keuangan pada tahun 2018, kegiatan Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Palangka Raya pada Rabu (27/3/2019) juga membahas beberapa hal lain.

    Pembahasan tersebut diantaranya adalah terkait dengan prediksi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalteng khususnya pada triwulan II tahun ini. Asisten Kepala Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Provinsi Kalteng, Setian mengatakan bahwa Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah triwulan II 2019 diperkirakan akan mengalami peningkatan.

    “Dari sisi permintaan meningkatnya konsumsi rumah tangga diperkirakan akan menjadi sumber pertumbuhan yang didorong oleh trend historis meningkatnya permintaan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri,” ucap Setian.

    Selain itu menurut Setian dengan adanya penyelengaraan pemilu pada triwulan II juga diperkirakan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah.

    Disamping itu kinerja investasi diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring dengan realisasi proyek swasta yang sudah mulai dikerjakan.

    Kinerja ekspor diperkirakan tetap kuat meskipun terdapat risiko bias bawah yang disebabkan oleh perkiraan harga komoditas utama Kalimantan Tengah yang melemah di pasar global pada tahun 2019.

    Dari sisi penawaran lapangan usaha industri pengolahan diperkirakan mengalami peningkatan didorong oleh adanya potensi membaiknya harga CPO global dan terjaganya serapan CPO domestik seiring kebijakan B20 Pemerintah.

    (apr/beritasampit.co.id)