Puluhan Pelajar di Kasongan Ikuti Forum Diskusi Politik

    Editor : Maulana Kawit

    KASONGAN – Puluhan pelajar dari tingkat SMP, SMA di Kota Kasongan, Kabupaten Katingan mengikuti forum diskusi politik yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Katingan, Kamis (28/3/2019).

    800

    Kegiatan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Kabupaten Katingan tersebut dibuka oleh Bupati Katingan Sakariyas melalui Asisten III Sekda Katingan Alpianor.

    “Penyelenggaraan pemilihan umum bertujuan untuk memperkuat sistem ketatanegaraan yang demokratis, mewujudkan Pemilu yang adil dan berintegritas,” terang Asisten III Alpianor saat membacakan sambutan tertulis Bupati Katingan Sakariyas.

    Selain itu amanat undang-undang telah mengatur dan menjamin tentang hak warga negara Indonesia untuk memilih terutama yang sudah genap berumur 17 tahun atau lebih, sudah kawin atau sudah pernah menikah.

    “Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu, tidak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah atau kalangan tertentu saja, akan tetapi Pemilu ini adalah tanggungjawab kita bersama sehingga pelaksanannya bisa berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Alpianor.

    Ditempar yang sama, Sekretaris Kesbangpol Bambang Widianto, menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman yang benar serta memberikan pandangan kepada pemilih pemula khususnya para pelajar tentang hak dan kewajibannya dalam Pemilu.

    “Harapan kita pemilih pemula itu menjadi pemilih yang cerdas. Jadi jika ingin memilih itu harus melihat visi dan misinya, tidak mengunakan politik uang. Maka dalam forum ini pemilih pemula bisa mengerti dan paham,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)