Inilah Langkah Strategis Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Kalteng

    Editor : Maulana Kawit

    PALANGKA RAYA – Sebagai bentuk kolaborasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan tingkat dasar seperti Puskesmas telah melakukan berbagai program dan kegiatan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul di Palangka Raya pada Jumat (29/3/2019).

    Lanjut Suyuti kegiatan tersebut antara Iain pemenuhan ketenagaan di Puskesmas dengan mengadakan penugasan khusus dokter umum dan bidan pada puskesmas yang tidak memiliki jenis tenaga tersebut.

    Dia menambahkan bahwa upaya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjutan ditempuh Pemerintah Provinsi Kalteng melalui pembangunan Rumah Sakit Kelas A dengan menggunakan pola Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

    Menurut Suyuti Iangkah tersebut diambil sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat Kalteng serta diharapkan dapat menjadi pusat rujukan regional wilayah Kalimantan.

    Selain upaya pemenuhan tenaga kesehatan dan peningkatan fasilitas kesehatan, sebagai Iangkah percepatan cakupan kesehatan semesta (UHC), Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Program Kartu Kalteng Berkah (KKB) yang berintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menyediakan anggaran sebesar 25 Milyar untuk premi jaminan kesehatan masyarakat Kalimantan Tengah.

    “Anggaran tersebut diperuntukkan untuk 90.225 jiwa masyarakat kurang mampu dan diharapkan pada tahun 2019 ini telah terpenuhi (85 %) sesuai amanat Presiden RI,” tutup Suyuti.

    (apr/beritasampit.co.id)