SDN 1 Kota Besi Hilir Wakili Kalteng Adiwiyata Nasional

    Editor : Maulana Kawit

    SAMPIT – Prestasi membanggakan bagi SDN 1 Kota Besi Hilir, Kecamatan Kota Besi, tidak hanya juara lomba adiwiyata tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bahkan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kini, sekolah yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro itu sedang menuju adiwiyata tingkat nasional 2019.

    Kepala SDN 1 Kota Besi Hilir Ninik Sutrisna mengatakan, tahun sebelumnya SDN 1 Kota Besi Hilir juara tingkat provinsi dengan meraih predikat tertinggi di antara sekolah lainnya.

    “Nilai yang diraih 75. Nilai ini paling tertinggi dari penilaian lomba adiwiyata tingkat provinsi tahun ini,” ucapnya kepada wartawan beritasampit.co.id, disela-sela bazar dan hasil prakarya murid SDN 1 Kota Besi Hilir dihalaman sekolah setempat, Jumat (29/3/2019).

    Sebagai salah satu syarat mewakili Provinsi Kalteng ke tingkat nasional, lanjutnya, sekolah diwajibkan mengadakan bazar dan kewirausahaan. Hal tersebut, kata Ninik, sudah dilakukan.

    “Penilaian adiwiyata tingkat nasional kami mengadakan bazar dan kewirausahaan. Sekolah kami ini tidak hanya menuju adiwiyata tingkat nasional bahkan sekolah sehat. Untuk itu, mohon dukungan semua pihak,” ujarnya.

    Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Disdik Kecamatan Kota Besi Tado Laksamana mengapresiasi dan merasa bangga atas prestasi yang diraih sekolah dasar yang ada di bawah naungan Disdik.

    “Tahun ini, ada dua sekolah dasar di Kecamatan Kota Besi yang mewakili adiwiyata ke tingkat nasional, yakni, SDN 1 Kota Besi Hilir dan SDN 2 Kota Besi Hulu,” katanya.

    Camat Kota Besi Ninuk Muji Rahayu menegaskan, pihaknya siap membantu sekolah untuk mempersiapkan persyaratan yang diperlukan apalagi yang diikuti ke tingkat nasional.

    “Kami bangga atas prestasi ini, kami harapkan koordinasinya. Kami siap membantu karena kita punya unsur muspika dan semua siap membantu. Misalnya dari segi tanaman, kecamatan ada balai penyuluh pertanian yang siap membantu. Yang penting koordinasikan,” sarannya.

    (arifin/beritasampit.co.id)