Pilih Menikah, Empat Siswa Gagal Ikut UNBK

    Editor : Maulana Kawit

    KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang memantau langsung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sekolah menengah Atas (SMA) digelar serentak mulai hari ini, Senin (1/4/2019) di sejumlah sekolah yang berada di Katingan seperti SMA 1 dan SMA 2 Katingan Hilir.

    Dari dua sekolah yang melaksanakan UNBK ternyata ada sejumlah siswa yang gagal mengikuti ujian, pasalnya para siswa tersebut menikah.

    Hal tersebut dibenarkan Kepala SMAN 1 Katingan Hilir, Cuwaca Dewi, yang mengatakan 3 peserta tidak hadir dari jumlah seluruh siswa 155 yang mengikuti UNBK.

    “Salah satu alasannya, orang tua meminta anak itu memundurkan diri karena ada yang menikah,” singkatnya.

    Hal serupa juga diungkapkan Kepala SMAN 2 Katingan Hilir, H I Wayan yang mengatakan Satu (1) siswanya tidak mengikuti ujian UNBK dari jumlah seluruh peserta 140.

    “Pada hari pertama ada satu orang yang mengundurkan diri dengan alasan sudah menikah. Ini diluar kehendak kita, sehingga jumlah peserta ujian ada 139,” terangnya.

    Meski demikian, I Wayang menjelaskan UNBK di hari pertama tidak mengalami kendala berarti, “Harapan kita semua anak-anak yang mengikuti UNBK ini dapat berjalan lancar dan aman,” harapnya.

    Ditempat yang sama Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang berharap siswa-siswi di Katingan dapat lulus 100 persen.

    “Kita lihat nanti, mudah-mudahan lulus 100 persen. Diminta kepada siswa yang lulus nanti agar kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya..

    (ar/beritasampit.co.id)