600 Peserta Ramaikan Lomba Memancing di Buntok

    Editor: Akhiruddin

    BUNTOK – Lomba memancing yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) kali ini diikuti sebanyak 600 peserta. Baik peserta lokal kota buntok dan sekitarnya, juga diikuti peserta dari Kabupaten Barito Timur (Bartim).

    “Pada tahun-tahun, sebelumnya dalam pelaksanaan lomba memancing ini tidak sebanyak ini pesertanya,” kata Kepala DKPPP Barsel Ir. Fajar kepada beritasampit.co.id disela-sela gelaran lomba memancing, Rabu (3/4/2019).

    Dikatakan Fajar, lomba memancing ini sebagai upaya kampanye membudayakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

    Jadi, dengan antusiasnya peserta lomba memancing ini sekaligus mengkampanyekan Gemarikan tersebut kepada masyarakat.

    “Lomba memancing ini, diselenggarakan oleh DKPPP Barsel yang bekerjasama dengan pihak TP PKK Barsel adapun untuk lokasi lomba bertempat di kolam ikan DKPPP Barsel,” kata Fajar.

    Menurutnya, dalam lomba memancing ini peraturannya adalah dibagi 40 trip dengan durasi 15 menit dalam satu trip. Untuk hasil pemenang lomba, kita tentukan dari berat tangkapan ikan yang didapat oleh peserta lomba.

    “Selanjutnya, untuk hasil tangkapan ikan bila ada yang berminat akan kita jual dengan harga dibawah harga jual pasar,” tukas Fajar.

    Sementara itu Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Ir Syahrani ST, MT dan membuka secara resmi kegiatan lomba memancing ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan ini.

    Sebab, dengan adanya lomba memancing ini akan menciptakan budaya mencintai lingkungan dan menjaga ekosistim perairan di barsel. “Salah satunya, yakni lewat masyarakat yang hobi memancing,”jelasnya.

    Ditambahkannya, kegiatan yang diselenggarakan dalam setiap tahun oleh DKPPP Barsel ini sangatlah diminati oleh masyarakat dan komunitas memancing terutama di Barsel.

    Hal ini, terlihat dengan meningkatnya jumlah peserta memancing dalam setiap tahunnya. Bahkan juga, ada peserta lomba memancing dari Kabupaten tetangga yakni Kabupaten Bartim.

    “Kegiatan lomba memancing ini, sangat selaras dengan program TP. PKK Barsel dalam hal memasyarakatkan Gemarikan ini,” tutup Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Syahrani.

    Lomba memancing ini dihadiri, Pj Sekda Barsel Ir Syahrani ST.MT, Kasdim 1012/Btk, Ketua Pengadilan Agama Buntok, Kepala Bank Kalteng Buntok, beberapa Kepala SOPD Barsel, perwakilan TP PKK Barsel, Kepala Bank Mandiri Buntok serta tamu undangan lainnya.(ded)