Lawongan Pekerjaan Melimpah, Tapi Warga Susah Cari Kerja. Ini Tanggapan Komisi III

    Editor: Akhiruddin

    SAMPIT – Sekertaris Komisi III DPRD Kotim Hero Harapanno Mandouw menilai sejauh ini penyerapan tenaga kerja lokal di Kotawaringin Timur masih belum bisa maksimal dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Bahkan menurutnya angka pengangguran sejauh ini masih belum berani dipaparkan oleh instansi terkait.

    “Kita minta mereka memaparkan angka pengangguran dan jumlah angka tenaga kerja lokalan daerah kita sejauh ini. Kita bisa melihat angkatan masyarakat Kotim ini semakin kesulitan mencari lapangan pekerjaan, akan tetapi peluang pekerjaan itu kita bisa lihat masih berlimpah,” Tukasnya Jumat (5/4/2019).

    Dia juga berharap agar dinas terkait dalam hal ini selaku kepanjangan tangan pemerintahan bisa mengelola bahkan mengembangkan tenaga kerja lokal daerah ini agar mampu bersaing pada jenjang-jenjang berikutnya di daerah ini.

    “KLK kita ada disitu anggaran juga ada di kucurkan, fungsinya untuk melatih dan juga mengembangkan bakat-bakat calon pekerja lokal daerah ini. Nah untuk itu kita harap dinas terkait jemput bola dan jangan hanya menunggu agar lajunya perkembangan tenaga kerja lokal semakin terlihat,” lanjutnya.

    Dia juga mengharapkan agar kedepannya pihak pemerintah daerah memperhatikan hal ini agar mengurangi angka kemiskinan serta pengangguran di Kotawaringin Timur ini.

    “Ini termasuk masalah yang sangat urgent dan perlu ditangani segera, agar kedepannya banyak hal yang bisa di kurangi, misalnya angka kemiskinan, pengangguran dan tindakan kriminal lainnya yang merupakan dampak dari ekonomi itu sendiri,” Tutupnya. (drm/beritasampit.co.id)