Gabungan Organisasi di Palangka Raya Gelar Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1941

    Editor: Akhiruddin

    PALANGKA RAYA – Perayaan Dharma Santi Nyepi tahun ini sangat terasa bagi umat Hindu se Indonesia, begitu pula yang dirasakan pemuda/mahasiswa Hindu yang ada di Palangka Raya.

    “Pada kesempatan hari raya Nyepi tahun baru saka 1941 kali ini pemuda dan mahasiswa Hindu sepakat untuk membentuk panitia bersama guna membangun pondasi generasi Hindu yang kuat, sehingga harapannya generasi Hindu mampu menghadapi kemajuan jaman” ucap salah seorang panitia kegiatan Yongki Agustar, Sabtu (6/4/2019).

    Dia menambahkan bahwa kegiatan ini terinisiatif karena panitia bersama dilaksanakan pertama kali dilakukan pada tahun 2016 yang lalu dan saat itu hanya 5 organisasi yang tergabung yaitu KMHDI, PMH-UPR, BEM IAHN-TP, BEM Betang Asi Palangka Raya dan Hima kotim Palangka raya.

    Dengan berawal dari kegiatan tersebut pada tahun 2019 seluruh Organisasi Hindu dan BEM dikumpulkan untuk membentuk suatu kepanitian yaitu panitia bersama Dharma Santi Nyepi tahun 2019 hasil rapat semua organisasi ada 10 organisasi tergabung yaitu KMHDI, DPK Peradah kota Palangka Raya, PMH UPR, BEM IAHN-TP, PUH Poltekes, PPMP-AHK kota Palangka Raya, STT Palangka Raya, BEM UPR, Hima Kotim, Himapakat.

    Dharma Santi Nyepi merupakan agenda puncak yang dilakukan panitia, dimana sebelum perayaan Dharma Santi panitia melaksanakan bakti sosial di pura pitamaha Palangka Raya, dan pembersihan halaman kuburan umat Hindu pal 2,5 Palangka Raya.

    “Puncaknya dilaksanakan pada hari Jumat yang lalu di aula palampang tarung Palangka raya. Kemudian kegiatan Dharma Santi tahun ini mengambil tema: melalui catur brata penyepian kita sukseskan pemilu serentak 2019,” tutup Yongki. (apr/beritasampit.co.id)