Kisah Hamdhani, Dari Desa Kenambui ke Senayan

    Editor : Akhiruddin

    PANGKALAN BUN – Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih menjadi primadona bagi para politikus. Untuk duduk di kursi dewan memang membutuhkan pejuangan yang panjang. Hal itu dirasakan oleh Anggota DPR RI, daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng), H Hamdhani, S.IP.

    Pria kelahiran 19 September 1964 di Desa Kenambui Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringimn Barat (Kobar), dikenal sebagai salah satu pemuda yang ramah, agamis dan humanis.

    Tidak hanya itu, perhatiannya terhadap kaum muda, khususnya para pemuda masjid dan sekolah-sekolah serta pondok-pondok pesantren juga menjadi kelebihannya.

    Alhasil, kelebihannya tersebut mengantarkan dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI selama dua periode (2004-2014). Terpilih menjadi senator asal Kalteng dimanfaatkan Hamdani untuk mengabdi.

    Terbukti banyak program untuk masyarakat Kalteng yang berhasil digagasnya selama menjadi anggota DPD RI dua periode. Program tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Pada pemilu 2014, Hamdani kemudian mencalonkan diri sebagai calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui kendaraan Partai NasDem. Hamdani berhasil duduk di kursi DPR RI dengan perolehan 29.633 suara.

    Selama lima tahun jadi legislator, Hamdani terus berbuat dengan menelurkan sejumlah program yang menyentuh kepada masyarakat Petani, Nelayan, Pelaku UKM, Pedagang di Pasar-pasar Tradisional.

    Seperti bantuan fasilitas mesin-mesin pertanian, perkebunan, perikanan/ nelayan dan telah berdiri sejumlah pembangunan pasar tradisional di beberapa Kabupaten di Kalteng.

    Semua perjuangan Hamdhani di Senayan kini telah banyak dirasakan manfaatnya kepada masyarakat Kalteng.

    Menurut alumnus Universitas Nasional Jakarta ini, dirinya kembali ke Senayan pada Pileg 2019, motivasinya pengabdian. ”Yang namanya mengabdi tidak ada batasnya,” kata Hamdhani.

    Karena di parlemen telah banyak pengalaman, Hamdhani pun menerbitkan sebuah Buku dengan judul ‘Anak Kenambui di Senayan’.

    “Buku tersebut intinya untuk memberi semangat kepada generasi milenial di Kalteng, agar kelak mereka menjadi orang-orang yang berguna khususnya untuk orang tuanya dan umumnya untuk daerahnya, serta Bangsa dan Negara Indonesia,” katanya.

    Suami dari Eny Suherdiyani ini merupakan penggagas dan pendiri ‘Rumah Aspirasi’ di Parlemen. Ayah tiga anak ini juga mengaku kalau pada Pemilu 2019 ini kembali terpilih, dirinya akan meningkatkan komunikasi langsung dengan masyarakat.

    “Saya kembali maju ke Senayan, karena adanya tantangan untuk mengabdi kepada masyarakat Kalteng, agar kehidupannya lebih sejahtera,” ungkap Hamdhani.

    (man/Beritasampit.co.id).