Kotim Target Juara Umum OSN SMA Tingkat Kalteng

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mengutus 27 perwakilan untuk mengikuti sembilan mata pelajaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kotim). Bahkan, Kotim menargetkan juara umum.

    “Saya tidak memasang target supaya duta Kotim tidak merasa terbebani. Tapi, kami harapkan duta Kotim memberikan yang terbaik. Sebab, Kotim sebagai barometer pendidikan di Kalteng,” ucap Kepala Disdik Kabupaten Kotim Suparmadi sebelum pelepasan kontingen di SMAN 1 Sampit, Selasa (9/4/2019).

    Suparmadi mengaku optimistis kontingen Kotim akan ada yang lolos hingga ke tingkat nasional yang akan diselenggara di Manado.

    “Kami yakin perwakilan Kotim tidak hanya juara provinsi bahkan nasional,” ujarnya yang juga menjabat Ketua Pengurus Daerah PGRI Kabupaten Kotim ini.

    Sementara itu, Kepala Sub Bagi Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Disdik Kabupaten Kotim Asyari menegaskan, melihat kemampuan duta Kotim tidak diragukan karena sering langganan juara.

    “Kotim mengutus 27 siswa SMA untuk mengikuti sembilan mata pelajaran tingkat provinsi. Kami optimis Kotim juara umum karena semua mapel diikuti, yang masuk nasional kami harapkan minimal 3 mapel,” ujar mantan Kasi SMA Disdik Kabupaten Kotim ini.

    Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kabupaten Kotim H Livenur Hasby menambahkan, perwakilan Kotim sudah dilakukan seleksi melalui tingkat kabupaten yang diselenggarakan di SMAN 1 Parenggean beberapa waktu lalu.

    “Sebagai perwakilan terbaik di Kotim ke tingkat provinsi, tunjukan prestasi karena kalian tidak lagii mewakili sekolah masing-masing melainkan membawa nama baik kabupaten,” tegas Livenur.

    Dia menarget juara pada mata pelajaran matematika. Untuk itu, kepada pendamping diharapkan memberikan perhatian khusus.

    “Harapan kepada pendamping supaya benar-benar mendampingi siswa terutama bidang matematika. Diharapkan tingkat provinsi raih juara dan meraih prestasi terbaik hingga ke tingkat nasional,” harapnya.

    Sekadar diketahui, Kotim mengutus 27 siswa mengikuti sembilan mata pelajaran jenjang SMA. Adapun mata pelajaran yang diikuti yakni, matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi, komputer, astronomi, dan kebumian.

    (arifin/beritasampit.co.id)