Babinsa Latih Beladiri Sebagai Sarana Komunikasi Sosial

    Editor: A Uga Gara

    KUALA KAPUAS-Melalui kegiatan Komunikasi Sosial, Babinsa Koramil 1011-11/Sei Hanyo melaksanakan pelatihan bela diri karate kepada warga wilayah binaan yang bertempat di lapangan Desa Katanjung, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas. Kegiatan tersebut diikuti oleh pemuda-pemudi Desa Katanjung guna untuk mencegah kegiatan negatif dilingkunganya, Kamis (11/4/2019).

    Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono selaku Ketua Forki Kab. Kapuas menyampaikan, kegiatan tersebut sangat berguna dalam membentuk karakter pemuda-pemudi yg disiplin, mandiri, tangguh dan mampu melatih pengendalian diri dalam mengahadapi perubahan jaman dengan tujuan mengenalkan filosofi Karate kepada masyarakat yang dikombinasikan dengan Komunikasi Sosial.

    Lanjutnya, adapun manfaat berlatih beladiri antara lain sebagai sarana membeladiri atau keselamatan, percaya diri dan berani karena menguasai beladiri. Juga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit. Gerakan-gerakan tertentu, terutama yang mengedepankan unsur kecepatan mampu memacu fungsi jantung dan paru-paru sehingga peredaran darah dan nafas akan lebih lancar.

    Kegiatan ini merupakan salah satu peran yang dilakukan oleh Serda Tri Indarto anggota Babinsa koramil 1011-11/Sei Hanyo untuk mewujudkan keberhasilan tugas komando kewilayahan dalam pembinaan teritorial di wilayah masing-masing. Peran penting Babinsa di lapangan adalah ikut membina dan membentuk karakter yang kuat serta rendah hati bagi para pemuda-pemudi Desa dalam kegiatan beladiri,” pungkas Dandim 1011/Klk.

    Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Desa Katanjuk bapak Marli mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada Babinsa yang turut mengisi kegiatan beladiri karate di Desa Katanjung sehingga menambah kepercayaan diri pemuda-pemudi yang setiap harinya ikut bergantian melaksanakan pos kamling di wilayah kami,” ucapnya.

    (rls/beritasampit.co.id)