Bupati Barsel: Al Qur’an Mengandung Nilai-Nilai Keimanan

    Editor: Akhiruddin

    BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST dalam sambutannya saat membuka acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXII Tingkat Kabupaten Barsel tahun 2019, mengatakan bahwa Al Qur’an adalah kalam Allah SWT atau kalamullah yang diturunkan sebagai mukjizat kepada Nabi besar Muhammad SAW.

    Al Qur’an diturunkan, untuk menjadi pegangan umat manusia yang ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akherat. Al Qur’an juga, mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah, ahlak serta peraturan-peraturan ang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia.

    “Juga mengandung falsafah, kisah-kisah sumber ilmu pengetahuan sebagai pelajaran , nasehat dan pencerdasan bagi bagi umat manusia,” kata Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST.

    Dikatakan Eddy Raya Samsuri, Al Qur’an dengan susunan kata yang indah, baik dan terang serta gaya bahasa yang mengagumkan memberikan inspirasi yang tidak pernah kering.

    Demikian pula, semakin kita baca dengan lantunan yang indah semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan Al Qur’an. Maka, orang yang membaca Al Qur’an dan merenungkan ayat-ayat yang terkandung didalamnya.

    “Secara sungguh-sungguh, akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan memperoleh pencerahan ilmu dan mendapatkan keteduhan bathin,” katanya.

    Menurut orang nomor satu di barsel ini, salah satu upaya kita untuk mendalami arti makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT melalui penyelenggaraan STQ ini.

    Kegiatan ini, telah menjadi tradisi yang diselenggarakan mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Nasional oleh karena itu.

    “Marilah kita, jadikan STQ sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam,” Jelas Eddy Raya Samsuri.

    Menurutnya, sudah merupakan kewajiban bagi umat islam untuk tekun membaca,mempelajari dan mengamalkan ajaran Al Qur’an ditengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini.

    Umat islam insya allah, akan meraih puncak kejayaan dan kemajuan dalam berbagai bidang jika tetap berpegang teguh kepada Al Qur’an.

    Kita juga, dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pemilu legislatif dan pilpres 17 April 2019 mendatang untuk itu. “Saya mengajak, kepada seluruh masyarakat khususnya umat islam untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” ujarnya.

    Ditambahkannya, maka sangatlah tepat saat ini kita mengangkat tema kegiatan STQ Ke-XXII Tingkat Kabupaten Barsel kali ini yakni ‘Aktualisasi Nilai-Nilai Universal Al Qur’an Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Rukun dan Damai.

    “Kepada, para kafilah peserta STQ saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini semoga keikutsertaan saudara-saudara. Dapat, membawa manfaat dan maslahat dalam upaya kita menyebarkan syiar islam di barsel yang kita cintai bersama ini,” pungkas Eddy Raya Samsuri.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Barsel H Eddy Raya Sansuri ST,unsur Forkopimda Barsel, Sekda Barsel Ir Syahrani ST.MT, seluruh Kepala SOPD Barsel, Kabag Keuangan Setda Barsel, Kabag Umum Setda Barsel, Selurah Camat dan Lurah.

    Serta dihadiri, Ketua MUI Barsel Drs Suraiadi Kurnaen, Ketua LPTQ Barsel Muhamad Irfan, Ketua KNPI Barsel H. Adiyat Nugraha, tokoh agama dan tokoh masyarakat.(ded)