Prabowo Akan Turunkan Tarif Listrik, Ini Kata Pakar

2790
DISKUSI -- Ali Herman Ibrahim (kiri) dan praktisi media Arief Gunawan dalam diskusi di wilayah Tebet Jakarta Selatan, Jumat, (12/4/2019). (Foto: Adista)

Editor: Akhiruddin

JAKARTA — Pakar Energi dan Kelistrikan, Ali Herman Ibrahim mengatakan ketersediaan energi listrik sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Hal itu dikatakan Ali dalam diskusi yang dipandu oleh praktisi media Arief Gunawan di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, (12/4/2019).

Ali mengatakan, energi listrik dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sekaligus menjadi kebutuhan mutlak menunjang pembangunan. Hal itu tertuang dalam Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan.

Menurut Ali, UU ketenagalistrikan itu bertujuan menyediakan listrik yang cukup, guna untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara adil dan berkesinambungan.

Baca Juga:   Mereka-reka Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK

“Jadi, istrik itu amanat konstitusi. Dan ini merupakan kewajiban pemerintah untuk mensejahterakan rakyat,” tutur Ali.

Ketika disinggung wacana calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto bakal menurunkan tarif listrik dalam 100 hari pertama menjabat sebagai presiden.

Ali pun menyambut baik, siapapun entah capres 01 atau 02 yang akan menjadi presiden RI periode 2019-2024 perlu menurunkan tarif dasar istrik (TDL) di masyarakat, karena disatu sisi biaya atau penyediaan tenaga listrik harus dibiayai secara ekonomis.

“Sehingga pelanggan (masyarakat) juga harus mendapatkan listrik sesuai kemampuannya. Itulah kewajiban pemerintah yang harus diterapkan di masa mendatang,” pungkas Ali Herman Ibrahim. (dis/beritasampit.co.id)

Baca Juga:   Ketum PAN Zulhasan Minta Maaf pada Masyarakat Lampung