88 Caleg Dapil Tiga Kotim Rebut 7 Kursi DPRD

2490

SAMPIT – Sebanyak 88 orang Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilahan (Dapil) lll, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, rebutkan 7 kursi dewan di parlemen pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

Daerah Pemilihan 3 (tiga), mencakup wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Mentaya Hilir Utara (MHU), Teluk Sampit dan Pulau Hanaut, menjadi zona perebutan suara bagi 88 orang caleg dari 15 Partai Politik (Parpol) besar sebagai pengusung untuk mendongkrak suara terbanyak partainya menduduki anggota parlemen nantinya.

Data KPU Kabupaten Kotim, melalui PPK untuk dapil lll, ada 15 parpol pengusung daftar nama-nama perwakilan masing-masing calegnya. Untuk caleg laki- laki sebanyak 48 orang sedang prempuan 40 orang.

Mereka yang maju sebagai caleg berkeinginan perubahan pada wilayahnya sendiri yang selama ini tak punya perwakilan. Tentunya menjadi perwakilan kecamatan wilayahnya sendiri.

Banyak yang nyaleg, mereka berlatarbelakang dari pengusaha, mantan kepala dinas, mantan camat, mantan kepala desa, mantan pendidik, pedagang, isteri pejabat, hingga tokoh dimasyarakat.

Baca Juga:   BPN Harap Pemilu 2019 Berjalan Demokratis, TKN: Dahulukan Penghitungan Suara Pileg

Ajang pesta demokrasi rakyat yang tinggal tiga hari lagi, dengan banyaknya calon justru menyeret pemilu lebih jujur dan adil dalam pelaksanaannya.

Banyaknya pendatang baru, tentu juga akan mempengaruhi Calon petahana yang bertahan dalam pemilu 17 April 2019, karena calon pendatang baru yang dominan krebilitasnya di masyarakat turut meramaikan bursa pemilu calon legislatif yang manuvernya perlu diperhitungkan.

Anang, salah satu warga Samuda menuturkan, Pilpres dan Cawapres,DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, Kabupaten dan kota nantinya pendukung setia akan memilih dan mencoplos calon dan partai yang diusungnya.

Namun, lebih solid lagi masyarakat yang memilih caleg yang berasal dari dapilnya di kabupaten tentu berbeda. Karena masyarakat sadar akan keterwakilan daerahnya.

Keluarga besar kata Anang, tentu secara ikatan hati memilihnya. Selain kolega, sahabat dan pendukung yang setia turut mendongkrak banyaknya suara caleg tersebut.” Ikatan keluarga besar tentu berpihak, begitu juga kolega dan sahabat pada pemilu kali ini turut mewarnai suara caleg dapil tiga Kotim,” tutur Anang kepada beritasampit.co.id, Minggu (14/4/2019).

Baca Juga:   Ada Apa Ini, Kok Warga Kuala Kurun Coblos Duluan?

Sementara itu, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Fachrudin ketika dikonfirmasi mengatakan, jumlah caleg dapil tiga kotim yang turut dalam ajang pesta pemilu berjumlah 88 orang caleg dan ada 15 parpol pengusung. Namun yang tidak ikut dari PKPI karena tidak ada perwakilan calegnya.

“Dapil tiga Kotim ada sebanyak 14 parpol dengan jumlah caleg sebanyak 88 orang, untuk laki-laki 48 orang dan perempuan 40 orang,” katanya.

Sekadar diketahui, Dapil lll Kotim mencakup wilayah 4 Kecamatan wilayah Selatan, yakni, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan , ada 10 Desa /Kelurahan sebanyak 71 TPS, dengan DPT 17.994 orang, Mentaya Hilir Utara, ada 7 desa sebanyak 54 TPS dengan DPT 9.767 orang, Teluk Sampit 6 Desa, 29 TPS jumlah DPT 7.324 orang dan Pulau Hanaut 14 Desa, 60 TPS dengan DPT 12.155 orang.

(mar/beritasampit.co.id)

Komentar Facebook

comments