Lima Perangkat Desa Ujung Pandaran Resmi Dilantik

    Editor: Irfan

    SAMPIT – Melalui berbagai proses tahapan, akhirnya lima orang dinyatakan lolos sebagai perangkat Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    Kelimanya adalah Dewi Soraya ST, Dyah Ayu Dita Wulandari SE, Denny Herlan Kusuma SE, Nur Fitria dan Surya Ependi. Dengan jabatan masing-masing yakni sekretaris desa, kepala urusan umum dan perencanaan, kepala urusan keuangan, kasi kesejahteraan dan pelayanan, dan kepala dusun Kalab Seban.

    Pada, Senin (15/4/2019) kemarin kelimanya dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur, bertempat di Aula Villa Yen Yen.

    Hadir dalam acara itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kotim, Sekcam Teluk Sampit, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD, RT/RW, Kepala Desa Regei Lestari, Kepala Desa Kuin Permai, Karang Taruna dan masyarakat desa setempat.

    Camat Teluk Sampit melalui Sekcam Muslih ST mengatakan, kepada bapak dan ibu yang sudah dilantik diambil sumpah dan janjinya, diminta agar langsung berkerja karena tugas menghadang.

    ”Kalau kemarin semangat mengikuti penjaringan, melengkapi berkas, tes tertulis dan dinyatakan lolos. Hari ini bapak ibu dilantik adalah momen yang berharga sekali,” ujarnya.

    Selain itu, lanjut Muslih, bapak/ibu yang dilantik sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 sudah mengamanatkan bahwa setiap perangkat desa yang sudah lolos berdasarkan aturan penjaringan, maka ia itu menjabat sampai usia pensiun.

    “Jadi sampai pensiun usia 60 tahun. Kalau kami PNS hanya 58 tahun, kecuali naik eselon dua, berarti masih hebatan perangkat desa,” katanya.

    Kemudian pihaknya selaku pemerintah kecamatan pun memuji langkah yang dilakukan Kepala Desa Ujung Pandaran yang memilih perangkat desanya melalui penjaringan. Menurutnya hal itu merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Kotim.

    “Terima kasih Pak Kades sudah memulai dan memberikan langkah awal bagi kades-kades lainnya,” pujinya.

    (mar/beritasampit.co.id)