Kertas Suara Telat Datang, Pemilih Banyak yang Pulang

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT – Ratusan pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18 dan 19 RT 10 Kelurahan Ketapang, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotim, terpaksa menelan pil pahit dan bergegas pulang . Penyebabnya, kertas surat suara datang terlambat.

    “Banyak yang sudah pulang karena ada surat suara untuk DPD RI, DPR RI dan DPRD Kotim jumlahnya kurang,” kata M Jais Caleg PKB Dapil I Kecamatan MB Ketapang, Rabu (17/4/2019).

    Jais menyebutkan, jumlah surat suara yang kurang cukup banyak. Contoh, DPD RI sekitar 98 surat suara dan DPRD RI di atas 100 suara.

    “Semangat masyarakat untuk memilih akhirnya kendor. Mereka banyak yang pulang,” ucap Jais yang juga menjabat Damang Kecamatan MB Ketapang ini.

    Dia menjelaskan, sejak pukul 07.00 WIB masyarakat di TPS 18 dan 19 sudah datang berduyun-duyun untuk menggunakan hak pilih. Setelah tiba di TPS, mereka kecewa karena harus menunggu hingga pukul 10.30 WIB karena tidak ada kertas surat suara khusus DPD RI, DPRD RI maupun DPRD Kotim.

    “Ini kesalahan fatal karena pesta demokrasi tidak sesuai. Kami juga sangat kecewa dengan kinerja KPU Kotim,” tegasnya.

    Sementara itu, bidang penanganan logistik KPU Kotim Wawan belum bisa dikonfirmasi terkait kekurangan ratusan kertas suara khususnya di TPS 18 dan 19 RT 10.

    (arifin/beritasampit.co.id)