Usai Coblos di TPS 28, Ini Harapan Bupati Katingan

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas dan istri Daurwaty Sakariyas nyoblos di TPS 28, RT 10 Kelurahan Kasongan lama, Kota Kasongan, pada Pileg dan Pilpres 17 April 2019 ini tadi siang.

    Usai melakukan pencoblosan di TPS tersebut, Sakariyas menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Katingan untuk datang ke TPS dengan mengunakan hak pilihnya dan jangan sampai masyarakat yang tidak memilih karena satu hari ini menentukan pemimpin yang amanah.

    Namun, dirinya mendengar ada banyak masyarakat yang tidak mendapat undangan untuk melakukan pencobloan di TPS. ” Saya dengar tadi ada beberapa, contohnya saja anak saya, waktu Pilkada kemaren anak saya dapat undangan dan sekarang ini tidak ada sehingga membuat binggung juga. Padahal anak saya itu KTPnya asli di Katingan, KKnya juga serta alamatnya sama namun tempat mencoblos berbeda,” terang Sakariyas kepada sejumlah wartawan, Rabu (17/4/2019).

    Mantan pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan ini berharap agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan agar hal itu di data dengan benar. Karena pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak RR, RW setempat untuk melakukan pendataan jauh hari sebelumnya.

    “Meskipun begitu, saya harapkan masyarakat yang belum mendapatkan undangan agar tetap memilih walaupun hanya mengunakan Suket atau membawa EKTP. Ingat jangan sampai tidak memilih,” tengasnya.

    Kemudian, terkait pengamanan yang dilakukan pihak berwajib menurutnya tidak terlalu berlebihan dan juga malah mereka ikut memandu pemilih-pemilih yang datang dan tidak ada mereka untuk memengaruhi orang karena tugasnya untuk mengamankan Pemilu. ” Harapan saya tidak ada ribut-ribut di katingan ini, agar dapat aman, damai dan tentram. Kabupaten Katingan saya yakin aman,” pungkasnya.

    Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan Usman Sitepu sebelumnya menyampaikan bahwa untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan ada sebanyak 499, di tambah 8 TPS yang berbasiskan DPTB atau Pemilih Tabahan yang berpusat di daerah -daerah perkebunan pertambangan. Sehingga total semua TPS sebanyak 507 ,dan Jumlah pemilihan DPTHP 2 dari data KPU Katingan ada sebanyak 113.267.

    (ar/beritasampit.co.id)