Jaringan Ancam UNBK Di Sukamara

    Editor: Akhiruddin

    SUKAMARA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara, Ilham Massora mengungkapkan masih banyaknya sekolah tingkat pertama yang belum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNKB) lantaran terkendala masalah jaringan internet.

    “Kalau untuk sarana dan prasarana seperti komputer bisa kita juga masih terbatas, kalaupun telah terpenuhi juga masalah jaringan internet di sekolah-sekolah itu, kare a masih banyak wilayah yang black spot,” ujar Ilham Massora, Kamis (18/4/2019).

    Menurutnya, jika memaksakan sekolah yang masih menggunakan Ujian Berbasis Kertas Pensil untuk bergabung dengan sekolah yang telah melaksanakan UNBK juga belum dapat dilakukan.

    “Jarak yang terlalu jauh antar sekolah, kasian siswa-siswa yang rumahnya jauh, sehingga tidak mungkin untuk dilakukan,” kata Ilham Massora.

    “Sebenarnya target pemerintah tahun ini sudah harus UNBK semua, tapi kendala utama itu jaringan, dan masalah jaringan ini bukan kewenangan kami, sehingga perlu koordinasi dan komunikasi dengan pihak lain,” jelas Ilham.

    Berikut sekolah yang masih melaksanakan UNKP adalah SMPN 2 Sukamara, SMPN 4 Satap Sukamara, SMPN 2 Balai Riam, SMPN 2 Satap Jelai, SMPN 1 Pantai Lunci, SMPN 2 Pantai Lunci, SMPN 3 Satap Permata Kecubung.

    Sedangkan Sekolah yang akan melaksanakan UNBK adalah SMPN 1 Sukamara, SMPN 3 Sukamara, SMPN 1 Balai Riam, SMPN 1 Jelai, SMPN 1 Permata Kecubung, SMPN 2 Permata Kecubung.(enn/beritasampit.co.id)