Gelar Isra’ Mi’raj, Kodam XII/Tpr Hadirkan Ust Jawani

    Editor: Akhiruddin

    KUBU RAYA – Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura menyelenggarakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 dengan menghadirkan Ustadz Drs. H. Jawani, MA., di Masjid Nurul Ikhlas, Jalan Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

    Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab yang di wakili oleh Kabintaldam XII/Tpr, Kolonel Inf Yogi Gunawan yang diikuti seluruh Prajurit Kodam XII/Tpr, LO AL, LO AU, PNS dan Persit KCK PD XII/Tpr.

    Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kabintaldam XII/Tpr, Kolonel Inf Yogi Gunawan mengatakan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan ridho-nya kita masih diberikan kesehatan, kekuatan lahir dan bathin serta nikmat Iman dan Islam. Sehingga pada hari ini dapat menghadiri acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan tema” Implementasikan nilai-nilai Sholat dalam kehidupan Prajurit dan PNS TNI AD dalam rangka menjaga keutuhan NKRI”.

    Lanjutnya, peristiwa Isra’ Mi’raj adalah perjalanan spiritual Rasulullah SAW, dari Masjidil Haram sampai Masjidil Aqsa di Palestina, lalu dilanjutkan dengan perjalanan vertikal (Mi’raj) menuju ke Sidratul Muntaha atau akhir penggapaian, untuk bertemu langsung dengan Allah SWT. Guna menerima perintah Sholat lima waktu yang merupakan bukti akan keimanan dan ketaqwaan.

    Oleh karena itu, dengan peristiwa besar tersebut, dihimbau kepada seluruh Prajurit agar senantiasa berupaya meningkatkan kesadaran dalam menjalankan rukun Islam dengan menjalankan Sholat lima waktu sehari semalam. Dengan harapan dapat menjadi energi positif dalam mengasah kepekaan kepada sesama makhluk ciptaan Allah SWT.

    “Sehingga terbentuk karakter manusia yang berbudi luhur serta menjadi contoh tauladan bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya dalam mewujudkan upaya kemanunggalan TNI-Rakyat guna menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

    Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Ustadz Drs. H. Jawani, MA., karena telah menyempatkan diri dan berkenan hadir untuk menyampaikan uraian siraman rohani hikmah Isra’ Mi’raj kepada personil Kodam XII/Tpr.

    Sementara itu, Ustadz Drs. H. Jawani, MA., selaku penceramah saat peringatan Isra’ Mi’raj menyampaikan, Ibadah sholat pada hakekatnya terdiri dari tiga unsur yakni gerakan sholat, perkataan, bacaan doa dan kekhusyukan hati. Bila ketiga unsur tersebut dilaksanakan dengan baik sesuai rukun sholat maka akan membuat hati tenang serta mencegah seseorang untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar.

    Nilai-nilai dalam ibadah sholat akan memberikan pengaruh yang positif kepada seorang Prajurit dalam melaksanakan tugasnya bila diimplementasikan dengan sungguh-sungguh. Apabila mendapatkan suatu permasalahan Allah SWT hanya memerintahkan umat Islam untuk menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong. “Allah SWT senantiasa akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang menunaikan sholat dengan ikhlas dan khusyuk,” katanya.

    Rangkaian kegiatan ditutup dengan doa bersama agar Prajurit Kodam XII/Tpr senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. (rls)