Pastikan Kesehatan Petugas KPPS, KPU Kotim Gandeng Dinkes

    SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggandeng pemerintah setempat untuk mengecek dan memastikan kesehatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

    “KPU Kotim berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, dan dinas kesehatan memerintahkan kami untuk melakukan pengecekan kesehatan di rapat pleno terbuka di Kantor Kecamatan Baamang,” ucap Kepala Puskesmas Baamang I Supriadi, Senin (22/4/2019).

    Menurutnya, sejauh ini pihaknya tidak mendapatkan adanya petugas KPPS yang kesehatannya menurun. Dalam pengecekan kesehatan ini bukan hanya petugas KPPS saja, tetapi juga untuk petugas linmas serta aparat kepolisian yang berjaga diberikan pengecekan kesehatan.

    “Tidak ada yang down (lemah) kesehatannya, cuman ada beberapa orang saja anggota KPPS yang serta anggota kepolisian yang memerlukan istirahat yang cukup,” tutur Supriadi.

    Masih kata dia, kerja sama tersebut guna untuk menjaga kesehatan KPPS agar mereka bisa selalu fit dalam menjalankan tugasnya mengawal pemilihan umum secara serentak di tahun 2019. Apalagi banyak penyelenggara yang kelelahan dalam bekerja, sehingga perlu langkah antisipatif agar KPPS selalu sehat.

    Di tempat terpisah, Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, pihaknya terus mengingatkan jajarannya untuk tetap menjaga kesehatan di tengah kesibukan.

    “Sampai sejauh ini, saya tidak menerima informasi petugas yang sakit selama menjalankan tugas. Dan alhamdulillah mereka masih sehat-sehat saja,” kata dia.

    (im/beritasampit.co.id)