Wabup Kapuas Buka Bimtek e-Planning

    KUALA KAPUAS – Pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi E-Planning Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan Kabupaten Kapuas tahun 2019 dibuka Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Senin (22/4/2019).

    Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kapuas tersebit diikuti 150 peserta.

    Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Nafiah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Tengah yang telah berkenan memfasilitasi Bimtek untuk Pemerintah Kabupaten Kapuas.

    Ia juga menyampaikan bahwa konsistensi antara perencanaan dan penganggaran merupakan kebutuhan mutlak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan penerapan perencanaan yang terintegrasi dengan penganggaran.

    “Oleh karena itu implementasi rencana aksi tersebut memerlukan komitmen dan kesungguhan kita bersama untuk segera melaksanakan dan secara konsisten menerapkannya dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran,” ucapnya.

    Lebih lanjut, ia juga meminta agar seluruh jajaran pemerintah daerah dapat memahami tugas pokok dan fungsinya untuk menjabarkan visi serta misi pembangunan daerah yang termuat dalam rencana pembangunan jangka menengah Daerah Kabupaten Kapuas tahun 2018 sampai dengan 2023 sebagaimana ditetapkan dalam Perda nomor 6 tahun 2019 ke dalam rencana program dan kegiatan masing-masing perangkat daerah baik rentsra maupun renja.

    Terkait target capaian juga ia minta agar diperhatikan karena target capaian program dan target hasil (outcome) dapat dicapai tidak semata-mata oleh satu perangkat daerah tapi melalui sinergi program dan kegiatan antar perangkat daerah, oleh karena itu dalam proses sosialisasi dan Bimtek Simda Perencanaan tersebut diminta agar diikuti secara serius oleh seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

    Sementara itu, Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale melaporkan bahwa kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 22 sampai dengan 26 April 2019 yang diikuti 32 Perangkat Daerah dan 17 Kecamatan serta Kelurahan-kelurahan yang ada dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang.

    (hmskmf/irfan/beritasampit.co.id)