Dana Desa Cair, Masyarakat Diminta  Awasi

    Editor: Akhiruddin

    KUALA KURUN – Pemerintah telah mengucurkan dana desa (DD) dan dan alokasi dana desa (ADD) kepada seluruh desa. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, bantuan anggaran yang diterima desa di Kabupaten Gunung Mas berkisaran Rp 1 miliar.

    Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, H. Gumer meminta, supaya masyarakatnya turut mengawal serta mengawasi penggunaan DD dan ADD tersebut. Hal itu sebagai bentuk kepedulian bersama, agar program yang dijalankan pemerintah desa tepat sasaran.

    “Masyarakat juga harus berperan mengawasi penggunaan DD dan ADD. Itu untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan keuangan desa, seperti penyimpangan dan program yang dirasa kurang efektif,” ungkapnya, Rabu (24/4/2019).

    Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan, jika DD dan ADD benar-benar dimanfaatkan tepat sasaran, maka kesejahteraan masyarakat turut meningkat. Bahkan melalui kucuran DD sejauh ini, cukup banyak terlihat kemajuan infrastruktur dan fasilitas umum yang terbangun.

    “Pemerintah desa juga harus melibatkan partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan dan kegiatan di desa. Sehingga semuanya terbuka dan menghindari persepsi atau dugaan-dugaan negatif,” pesannya.

    Wakil rakyat itu berharap, pemerintah desa benar-benar menerapkan swakelola dalam setiap kegiatan pembangunan, baik jalan, jembatan maupun fasilitas lainnya.

    “Berdayakan masyarakat desa, sehingga mereka juga memiliki peran dalam pembangunan desanya dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, berdampak positif bagi perputaran uang di desa bersangkutan,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)