Eddy Raya : Birokrasi Pemerintah Harus Bagus dan Profesional

    BUNTOK -Bupati Barito Selatan (Barsel) Eddy Raya Samsuri menegaskan, birokrasi pemerintahan dikatakan bagus jika pelayanan yang diberikan kepada nasyarakat dinilai cepat, transparan, bersih dan efektif.

    Yang dilaksanakan oleh, orang-orang yang memiliki integritas sangat baik (jujur dan bersih) serta profesional atau terdidik dalam bidang pekerjaanya.

    “Itulah yang menjadi alasan, sehingga rekrutmen ASN menjadi ketat dalam rangka mempersiapkan birokrasi yang handal, serta kader pemimpin birokrasi pada masa yang akan datang,” Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya pada acara Penyerahan SK CPNS 2019 bertempat Halaman Kantor BKPSDM Barsel, Selasa (23/4/2019).

    Dikatakannya, seleksi CPNS menjadi salah satu fokus dalam perbaikan kualitas ASN apalagi saat ini Indonesia dan dunia sedang menghadapi perubahan Era Industri 4.0 ( Dominan Peran Mesin dan Otomatisasi, Digitalisasi) yaitu, “Ditandai dengan penggunaan cyber phisic atau robot dalam industri internet untuk semua, data cloud dan penggunaan sistem AI (kecerdasan buatan yang menyerupai otak manusia),” katanya.

    Menurut orang nomor satu di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, untuk mempersiapkan ASN yang memiliki daya saing berintregritas dan profesional maka diluncurkan istilah ‘Smart ASN’ yaitu ASN yang memiliki kompetisi dasar seperti kemampuan bahasa asing seperti bahasa inggris, memiliki jiwa hospitality (jiwa yang ramah) dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dan kemampuan membangun networking (hubungan komunikasi, jejaring dengan pihak-pihak yang menunjang koneksi kelancaran) dalam melaksanakan pekerjaan.

    “Serta memiliki, jiwa interpreunership (wiraswasta), mampu nengembangkan inovasi dan kolaborasi dalam menyelesaikan pekerjaan,” jelas Eddy.

    Eddy juga berharap, kepada 91 CPNS yang menerima SK CPNS Formasi 2019 agar dapat mensyukuri dan dapat menjalankan tugas serta tanggung jawabnya secara profesional, baik dalam, mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat demi suksesnya pembangunan disegala bidang.

    “Jangan segan-segan, meminta arahan dan bimbingan kepada yang lebih senior, lakukan kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memperlancar dan mensukseskan program kerja,” tukas Eddy Raya. (ded/beritasampit.co.id)