Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Program Tribina

159
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk) Kabupaten Gunung Mas, Isaskar.

KUALA KURUN – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk) Kabupaten Gunung Mas, Isaskar mengatakan, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, yaitu melalui program tribina.

“Tribina itu terbagi menjadi tiga, yaitu bina keluarga balita, bina keluarga remaja, dan bina keluarg lansia atau disingkat BKB, BKR, BKL,” jelasnya, Rabu (24/4/2019).

Berdasarkan definisinya, Tribina merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga dalam membina tumbuh kembang.

“Jadi Tribina itu akan menyasar kepada pengetahuan atau wawasan, baik secara fisik, motorik, kecerdasan emosional, dan sosial ekonomi dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja,” sebutnya.

Baca Juga:   Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Moment Berkumpulnya Umat

Selain itu, Tribina juga penting guna meningkatkan kesejahteraan para lanjut usia (lansia) melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa usia lanjut yang produktif, mandiri, dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat.

“Jangan sampai ada kesan bahwa keberadaan lansia itu malah menjadi beban bagi keluarganya sendiri, namun melalui pembinaan itu mereka diharapkan menjadi lansia tangguh,” katanya.

Isaskar menambahkan, dalam memahami program Tribina sekaligus meningkatkan kualitas keluarga, maka sebagai orang tua harus memahami dan menerapkan delapan fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:   Pesan Sakariyas : Masyarakat Katingan, Mari Jaga Keamanan Jangan Mudah Terprovokasi

“Diantaranya fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial, pendidikan, ekonomi, serta fungsi lingkungan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari semua usia,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)