Tingkatkan Layanan Dasar Masyarakat

202
Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan.

Editor: Irfan

KASONGAN – Seiring bertambahnya usia kabupaten, kalangan anggota DPRD Gunung Mas berharap agar pemerintah daerah setempat terus meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakatnya.

Rayaniatie Djangkan, salah satu anggota DPRD Gumas mengatakan, seluruh masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan dasar pemerintah, seperti kesehatan, pendidikan, dan hak untuk hidup sejahtera.

“Semoga dengan pertambahan usia Kabupaten Gunung Mas, kehadiran negara melalui pemerintah daerah dalam memenuhi sarana pelayanan dasar rakyat Katingan dapat terwujud,” ungkapnya, Rabu (24/4/2019).

Politikus PAN itu menyebutkan, kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat yang perlu diperhatikan pihak eksekutif selaku penyelenggara pembangunan, yaitu meliputi tiga bidang pokok.

Baca Juga:   Kaum Milenial Dituntut Kreatif dan Inovarif

“Pertama pendidikan yang merupakan bidang strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bidang ini harus senantiasa dilakukan peningkatan yang optimal, sehingga dapat melahirkan generasi yang cerdas dan berdaya saing,” jelasnya.

Kedua, yaitu kesehatan. Bidang ini sangat vital bagi masyarakat baik dari sisi pendidikan kesehatan, pencegahan, penanganan penyakit yang maksimal kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan setempat.

“Kemudian bidang infrastruktur jalan dan jembatan, sektor ini sangat dominan dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan infrastruktur yang memadai, maka arus transportasi, mobilisasi, dan distribusi barang dan jasa akan lancar,” katanya.

Baca Juga:   Pemdes Jangan Kesampingkan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Selain itu, terdapat bidang yang cukup berperan vital dalam kehidupan masyarakat, yakni sektor energi atau kelistrikan, telekomunikasi, air besih. Dirinya berharap, kekayaan sumber daya alam (SDA) Kabupaten Gunung Mas dapat maksimal digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana amanat UUD 1945 pasal 33.

“Ketiga hal ini juga harus menjadi perhatian pemerintah, karena menyangkut kebutuhan masyarakat Gunung Mas secara luas. Saya berharap ke depan menjadi prioritas pembangunan pemerintah daerah,” tukasnya.

(adn/beritasampit.co.id)