Wabup Lepas Kontingen STQ Katingan

    Editor: A Uga Gara

    KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang melepas secara resmi keberangkatan rombongan Kafilah Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Kabupaten Katingan ke XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di kota Palangka Raya pada tanggal 24 – 30April 2019.

    Pelepasan kafilah dilaksanakan di halaman gedung sekretariat lembaga pengembangan tilawatil quran, jalan Soekarno -Hatta komplek perkantoran Kereng Humbang Kasongan, Rabu (24/4/2019).

    Pada kesempatan yang baik tersebut, Sunardi menyampaikan sekaligus mengingatkan kepada kafilah yang akan berangkat mengikuti STQ Ke XXII ngkat Provinsi Kalimantan Tengah, agar selalu menjaga kondisi kesehatan selama kegiatan nantinya, menjaga kekompakan antara sesama, dan selalu menjaga harkat dan martabat serta nama baik masyarakat Kabupaten Katingan dimata Kafilah-kafilah Kabupaten lainnya.

    “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh yang hadir pada acara ini. Atas komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan terutama para Alim Ulama, Kiyai, Guru-guru Agama, Qori-Qori’ah, Hafizh-hafizah serta Kafllah STQ yang ingin meningkatkan kualitas keagamaan, mental dan spiritual di Kabupaten Katingan,” terang Sunardi yang juga Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Katingan.

    Kehadirian para peserta ini menurutnya, turut membentuk masyarakat Katingan yang makin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berinovasi, berkreasi, bekerja keras, memiliki nilai-nilai peradaban yang luhur dan yang menjunjung tinggi kerukunan ditengah kemajemukan.

    Dirinya juga menjelaskan, penyelenggaraan STQ tingkat Provinsi merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh setiap Kabupaten. Hal ini dikarenakan kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap Al-Qur’an yang sekaligus bentuk inflementasi nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari. ” Disamping itu acara STQ maupun MTQ secara pisikologis dapat mendorong motivasi masyarakat muslim dalam meningkatkan kesedaran beragama,” pungkasnya.

    Sementara, Ketua LPTQ Katingan, Kabul Mustiman melaporkan bahwa jumlah kontingen yang akan berangkat sebanyak 84 orang termasuk peserta, pelatih dan pendamping.

    Cabang lomba yang di ikuti seperti, Cabang Tilawah ( Tilawah anak putra dan putri, Tilawah remaja putra dan putri dan Tilawah dewasa putra dan putri), cabang Qira’at Sab’ah putra dan putri, serta cabang Tartil Qur’an putra dan putri.

    Kemudian, cabang Tahfizh putra dan putri 1 juz, 5 juz, 10 juz,20 juz, dan 30 juz khusus putra, cabang M-MKQ putra dan putri, cabang tafsir bahasa arab (putra) dan bahasa indonesia (putra). Lalu, cabang khaf‎ ( seperti khaf naskah, khaf dekorasi, khaf hiasan mushaf dan khaf kontemporer), cabang fahmil Qur’an, dan cabang syarhil Qur’an.

    “Agenda utama pelaksanaan STQ ke XXII pada malam ta’aruf dimulai pada tanggal 25 dirujab Wali Kota Kalangkaraya, Kemudian pawai ta’aruf tanggal 26 april 2019. Esoknya dilanjutkan pembukaan pameran sekaligus pelantikan dewan hakim/juri, serta acara pembukaan di stadion Sport center olahraga sanaman mantikei kota palangkaraya. Untuk seluruh kafilah Katingan sudah siap dan sudah matang untuk mengikuti STQ ke XXII tingkat provinsi kalteng di Kota Palangka Raya,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Previous articleKepala BPKP Resmi Berganti, Ini Pesan Gubernur Kalteng
    Next articleMemboyong Prestasi, Guru Pembina Diberikan Penghargaan