4 Olah Dasar Meningkatkan Mutu Siswa

    Editor: A Uga Gara

    SAMPIT – Banyak cara untuk meningkatkan mutu siswa. Namun yang dianjurkan melalui 4 olah dasar. Apabila trik tersebut terpenuhi dianggap sukses dalam memberikan pendidikan dan pengajaran di sekolah.

    Demikian diungkapkan Kepala Sub Bagian Penyelenggara Tugas Pembantuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Dinas Pendidikan Kotim, Asyari kepada wartawan beritasampit.co.id, Jumat (26/4/2019).

    Asyari menyebutkan, ada 4 unsur penting olah untuk meningkatkan mutu siswa diantaranya, Pertama Olah Hati. Olah hati merupakan tugas guru untuk membentuk siswa yang berkarakter dan menjadikan hati untuk selalu bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa.

    Kedua Olah Pikir. Menurutnya, menciptakan agar siswa mampu berpikir krisis, cerdas dan berdayaguna.

    Ketiga, lanjutnya, Olah Raga. Guna menumbuhkan budaya sehat, peranan guru juga sangat penting karena melalui olah raga akan menyalurkan bakat minat siswa.

    Dan keempat, tambah Asyari, Olah Rasa. Dalam hal ini guru harus mampu menumbuh kembangkan jiwa sosial. Jiwa sosial terhadap sesama siswa, guru, orang tua bahkan masyarakat pada umumnya.

    “Terpenuhinya keempat olah tersebut, diharapkan siswa dengan sendiri akan mengenal mulai dari bakat dan minat bahkan apa yang harus dilakukam untuk masa depan yang lebih cemerlang,” pungkasnya.

    (arifin/beritasampit.co.id)