DPRD Sebut Program ‘Jemput Bola’ Disdukcapil Butuh Sosialisasi

    Editor: Akhiruddin

    KUALA KURUN – Inisiatif Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunung Mas melakukan pelayanan jemput bola diapresiasi para wakil rakyat. Bahkan mendukung penuh program tersebut.

    Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan berpesan, sebelum melakukan pelayanan ke sejumlah pelosok, alangkah baiknya dinas terkait melakukan sosialisasi lebih dahulu.

    “Sebab kebanyakan masyarakat dihari-hari biasa pergi ke ladang dan semacamnya. Praktis, hanya malam mereka baru punya waktu luang. Jika bisa, sosialisasikan dulu rencana pelayanan itu agar masyarakat siap-siap,” imbaunya, Jumat (26/4/2019).

    Jika saran itu didengar, dirinya optimistis masyarakat bakal berbondong-bondong mengurus berbagai administrasi kependudukannya. Masyarakat juga perlu dibimbing ketika mengisi formulir atau persyaratan pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP-el maupun dokumen penting lainnya.

    “Sebab tidak semua masyarakat yang mengerti tata cara pengisian yang tertera di dalam formulir itu. Terlebih bagi masyarakat yang bermukim jauh dari pusat pelayanan pemerintah,” jelasnya.

    Politikus PAN itu mengacungi jempol terobosan Dinas Dukcapil Gunung Mas, terutama pelayanan yang diberikan sejauh ini.

    “Karena proses kepengurusannya sangat cepat, mudah, dan dijamin gratis. Para pegawainya juga ramah ketika melayani masyarakat. Ini patut dicontoh,” imbuhnya. (adn/beritasampit.co.id)