Resmi Beroperasi, PMKS PT BMB Komitmen Bangun Sentra Ekonomi

    Editor: Akhiruddin

    GUNUNG MAS – Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT Berkala Maju Bersama (PMKS PT BMB) resmi beroperasi di Kabupaten Gunung Mas. PMKS PT BMB diresmikan oleh Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Carlos di Manuhing, 25 April 2019.

    Owner PT BMB, Cornelis N. Antun dalam sambutannya mengatakan bahwa pada awalnya perusahaannya dari kecil. Cornelis mengakatan kalau usahanya itu perjalanannya dari bawah pada tahun 2012. “Seiring waktu dengan pengalaman yang masih minim kami bekerja keras walaupun sering jatuh bangun namun demi untuk mewujudkan cita-cita membangun ekonomi wilayah kami dengan segala kekurangan dan keterbatasan hampir di semua aspek tehnis maupun non tehnis dan sebagai Putra Daerah Asli kabupaten Gunung Mas terus berupaya bekerja keras untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas tempat PT BMB berdiri saat ini,” katanya.

    Lanjut Cornelis bahwa pihaknya bekerjasama dengan seluruh Stakeholder di Gunung Mas. Kata dia secara pertahap, Kebun Kelapa Sawit miliknya mulai berkembang dengan melakukan kemitraan bersama Koperasi Mitra, Badan Usaha Desa (BUMDES) beserta seluruh warga masyarakat sekitar. “Pada acara ini kami melibatkan Usaha Mandiri Pemuda Karang Taruna di wilayah ini untuk berpartisipasi karena mereka yang muda inilah generasi pemimipin kita kedepan, Pemuda Desa Pemuda Karang Taruna,” katanya.

    Ditambahkan Cornelis bahwa PT BMB terutama berkomitmen membangun sentra ekonomi yang berkelanjutan, membuka lowongan pekerjaan, saling menguntungkan, saling menguatkan dan pada rencana jangka panjang bersama warga masyarakat akan menjadi satu kekuatan ekonomi yang terpadu sebagai keluarga besar dalam kemitraan yang berkelanjutan di wilayah ini.

    Conelis juga menyampaikan bahwa PT BMB akan menyerahkan sepenuhnya kepada CV Dua Putri yang berada didekat pabrik perusahaan tersebut sebagai supplier tunggal untuk membeli Tandan Buah Segar (TBS) sesuai dengan harga yang ditentukan oleh pemerintah baik dari perusahaan sawit maupun dari masyrakat lokal melalui badan/lembaga yang dipercayakan petani sawit setempat.

    Cornelis yang juga pada saat ini aktif sebagai Wakil Ketua I Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Tengah (MPW PP Kalteng) sekaligus sebagai Pembina Komando Inti Mahatidana Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah.

    Dia mengaku berterimakasih kepada Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupatrn Gunung Mas yang telah memberikan dukungan dalam mewujudkan harapan dan cita-cita keluarga besar PT. BMB. “Yakni dalam mewujudkan berdirinya pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang dirangkai dengan tehnologi mutakhir,” pungkasnya. (rls)