Karang Taruna Miliki Potensi Bangun Desa

    Editor: Akhiruddin

    NANGA BULIK – Karang Taruna selama ini mungkin hanya sering terlihat saat lomba kegiatan olahraga di kampung-kampung saat hari kemerdekaan saja. Padahal organisasi ini memiliki potensi yang besar untuk turut serta mengisi pembangunan di desa.

    Hal ini disampaikan oleh Sekdes Sumber Mulya, Saifulloh usai pelantikan pengurus Karang Taruna “Bakti Remaja” Desa Sumber Mulya, Kec Bulik masa bhakti tahun 2019-2022 kemarin (1/5).

    “Keanggotaan nya mulai umur 13 tahun sampai 45 tahun. Dan diharapkan mereka yang telah dikukuhkan bisa melaksanakan tugas-tugas seperti pendataan warga tidak mampu, kegiatan sosial, dan mendukung ekonomi kreatif,” harapnya.

    Diantaranya saat ini karang taruna desanya telah mengelola sebuah BUMDes, yang telah bergerak di bidang Konveksi. Selain itu kini juga mulai berkembang ke arah produksi pupuk organik, dan merintis pengelolaan agrowisata taman bunga celosia.

    Sementara itu, sekretaris Karang Taruna Kabupaten Lamandau Didik Hermanto, yang hadir dalam kegiatan ini berpesan agar Karang Taruna di desa dapat membenahi organisasi serta ikut menumbuhkan ekonomi kreatif, membangun kebudayaan, kesenian olahraga dan menjaga lingkunga hidup di desa. Serta
    membantu pendataan masalah penyandang kesejahteraan sosial di desa.

    “Tahun ini Lamandau ditunjuk sebagai tuah rumah bulan bakti karang taruna tk provinsi, sehingga kita harus terus menggalakkan kegiatan Karang taruna dan membentuk serta mengaktifkan semua karang taruna di seluruh kecamatan dan 88 desa/kelurahan,” ucapnya.(rls)