Viral : Tersebar Foto Gusdur dan Jokowi

    JAKARTA – Foto-foto pertemuan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan Joko Widodo viral di media sosial. Menariknya, dalam pertemuan itu, terungkap cerita bahwa Gus Dur telah “memprediksi” sepak terjang Joko Widodo di kemudian hari.

    Foto-foto pertemuan Gus Dur dan Jokowi itu unggah pertama kali oleh akun facebook Blontank Poer. Dalam unggahannya, akun tersebut menunjukkan empat foto Jokowi dan Gus Dur.

    Selain foto, Blontank Poer menulis dalam unggahannya, “Tak sengaja bersih-bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur.

    Peristiwa di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30, 8 Januari 2006. Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta.”

    Keaslian foto tersebut juga ditunjukkan dengan unggahan data kamera yang digunakan untuk mengambil foto. Dari penanda waktu foto diambil 8 Januari 2006 pukul 12:20. Foto berdimensi 2160×1440.

    Blontank Poer menyebutkan dari foto-foto itu sudah terlihat jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar sekaliber KH Abdurrahman Wahid.

    “Semoga Pak Jokowi bisa mewujudkan cita-cita besar Gus Dur yang belum kesampaian, memeratakan keadilan, memajukan kemanusiaan, mempersatukan Indonesia dan memupuk persaudaraan tanpa memandang latar belakang atau atribut kesukuan, agama dan sebagainya. amin,” tulis Gus Blontank lagi.

    Blontank Poer menutup tulisan itu dengan, “Al Fatihah untuk Gus Dur.”

    Saat berita ini diturunkan, unggahan itu ditanggapi 6,7 ribu like, ribuan komentar dan ribuan kali dibagikan.