Harapkan Pemkab Memacu Pendapatan di Sektor Walet

    KUALA KAPUAS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Ir Suwanto E Sumen meminta pemerintah daerah setempat untuk terus memacu pendapat asli daerah dari sektor sarang burung walet. Paling tidak sesuai target yang telah ditentukan.

    Demikian disampaikannya kepada wartawan di Kuala Kapuas, Jumat (3/5/2019).

    “Kami mengharapkan instansi terkait dapat terus memacu guna mencapai target pendapatan daerah dari walet yang sudah ditentukan,” ungkap Suwanto.

    Lanjut legislator Partai Golkar ini, keberadaan bangunan sarang walet di Kapuas cukup menjamur. Untuk itu pajak usaha budidaya sarang burung walet dapat maksimal sehingga PAD dari sektor tersebut meningkat.

    “Karena selama ini yang kami dengung-dengungkan itu adalah pajak sarang burung walet, makanya pendapatan dari usaha ini harus dikejar karena potensinya sangat besar dan berkembang,” terangnya.

    Kemudian terkait upaya pemerintah daerah dalam memberikan sosialisasi peraturan daerah yang baru tentang sarang burung walet kepada masyarakat. Dirinya mengaku kurang mengetahui.

    “Namun kalau kita lihat masyarakat itu apa adanya membangun sarang walet, ada yang di atas rumah dan samping rumah, padahal itu ada ketentuannya,” kata Suwanto.

    “Kita harapkan semua pihak dapat bersama-sama berkontribusi dalam membangun daerah,” tambah dia.

    (irfan/beritasampit.co.id)