Raja Thailand Nikahi Pacar Lama. Coba Lihat Tradisinya

    Raja Thailand Maha Vajiralongkorn diam-diam menikahi kekasihnya mantan pramugari yang kemudian mendapat gelar jenderal sekaligus memberinya gelar Ratu Suthida.

    Fakta mengejutkan ini terungkap hanya beberapa hari sebelum penobatannya, Sabtu mendatang.

    Dikutip dari DailyMail kemarin, foto-foto yang beredar di media menunjukkan Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, mantan pramugari Thai Airways “merangkak” di lantai menerima hadiah dari raja dalam bagian prosesi pernikahan keduanya.

    Suthida tak boleh melebihi tempat duduk Raja. Hanya raja dan permaisuri yang boleh duduk.

    Suthida menikah secara resmi sesuai tradisi kerajaan, demikian rilis media kerajaan. Raja juga memutuskan untuk mempromosikan Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Aydhaya, sang permaisuri menjadi Ratu Suthida. Dengan demikian Suthida kini bergelar kerajaan dengan status bagian dari keluarga Raja.

    Upacara resmi dibuktikan dengan prosesi yang mengharuskan Suthida bersujud di kaki suaminya. Tradisi kerajaan Thailand menyatakan raja yang berkuasa dianggap seperti dewa dan “setengan Tuhan”. Karena itu ia harus duduk lebih tinggi daripada yang lain. Bahkan selama upacara resmi dan pidato, kaki raja tidak diperbolehkan lebih rendah dari kepala siapa pun.

    Selain itu, baru setelah prosesi usai pengantin wanita dapat duduk di samping sang suami. Ini pun salah satunya dilakukan karena ia harus menandatangani dokumen pernikahan. Soal aturan duduk ini hanya berlaku bagi kedua mempelai.

    Selama upacara berlangsung semua yang hadir harus “berbaring” di hadapan raja. Para tamu di istana pun hanya bisa mendekati Raja dengan merangkak. Sebelum resmi menjadi permaisuri, publik Thailand sudah tidak asing dengan sosok Suthida yang biasa terlihat menemani Raja di acara-acara publik sebagai bagian dari pengawal keamanan pribadi. Tiga tahun lalu, Suthida mendapat pangkat jenderal.

    Sosok Raja yang nyentrik dan disebut tak dapat diprediksi ini akan dinobatkan menjadi raja ke-10 Dinasti Chakri dalam upacara tiga hari yang berlangsung dengan prosesi rumit dimulai hari Sabtu ini. Sebelum menikahi Suthida, Raja Maha Vajiralongkorn sudah tiga kali menikah dengan reputasi “penakluk wanita” bahkan dijuluki Don Juan.