Lestarikan Budaya di Tengah Pesatnya Perkembangan Zaman

    KUALA KURUN – Kabupaten Gunung Mas memiliki beragam budaya yang musti dilestarikan dan jangan sampai hilang ditelan oleh zaman.

    Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan mengatakan, generasi muda mesti melestarikan budaya agar tidak hilang.

    “Saya harapkan agar kesenian daerah seperti seni, tari, dan musik karungut jangan sampai hilang ditelan zaman. Era perkembangan teknologi saat ini cukup pesat, maka generasi muda wajib ikut menjadi agen pelestarian budaya,” katanya, Senin (6/5/2019).

    Politikus PAN tersebut menuturkan, generasi muda harus peduli serta menjaga dan melestarikan berbagai kesenian daerah, karena menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh daerah tersebut.

    Menurutnya, potensi kesenian daerah ini jika digali dapat menjadi salah satu nilai jual misalnya seperti paraswisata budaya, karena menjadi salah satu yang akan menarik perhatian, Khsususnya bagi wisatawan asing yang datang ke daerah.

    Politikus yang dekat dengan rakyat ini berharap agar Pemkab Gumas melalui instansi terkait terus mengembangkan kesenian dan budaya lokal, mengajak generasi muda dengan berbagai event-event yang dimana akan memacu mereka untuk mempelajari kesenian daerah.

    “Saya harapkan generasi muda dapat melestarikan budaya kesenian daerah kita, khususnya seperti musik karungut, agar tetap diberdayakan dimana kesenian dan kebudayaan ini merupakam ciri khas dan kearifan lokal kita,” jelasnya. (adn/beritasampit.co.id)