Menang Pilgub Dua Kali, Pendekar Pilkada Ini Tumbang di Pemilu

    MAKASSAR – Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo sepertinya berat untuk duduk di kursi DPR RI periode 2019 – 2024. Pemenang Pilgub di Sulsel sebanya dua kali tersebut dikabarkan kalah suara dengan istri salah satu bupati di Sulsel

    Bukan hanya Syahrul Yasin Limpo yang diprediksi gagal jadi legislator, kakak kakndung dan anaknya juga diprediksi bakal gagal duduk di Senayan.

    Kegagalan Syahrul sempat mengejutkan publik. Pasalnya tokoh yang diidentikkan dengan gelar Sang Komandan sebelumnya dikenal dengan petarung hebat dalam sejumlah kontestasi politik di Sulsel.

    Syahrul dua kali berhasil menyingkirkan rivalnya di Pilgub Sulsel. Padahal dua kali Pilgub, lawan Syahrul disebut cukub berat. Pertama Syahrul berhasil menumbangkan Gubernur Sulsel Petahana, Amin Syam. Pada pilgub selanjutanya, Syahrul juga berhasil menumbangkan Ilham Arief Sirajuddin yang saat itu juga disebut sebagai politikus ulung di Sulsel.

    Informasi yang dihimpun beritasampit.co.id, penghitungan suara untuk pemilihan calon anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) II telah rampung di level kecamatan.

    Dapil Sulsel II meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai, dan Bulukumba. Saat ini, KPU Kabupaten Bone dan Barru sementara menyelesaikan rapat pleno penetapan untuk suara tingkat kabupaten.

    Berdasarkan data sementara dari dapil tersebut, partai yang berpeluang besar mendapat kursi di DPR RI, yakni PKB, Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, PPP, PAN dan PKS.

    Petahana yang meraih suara tertinggi di Dapil ini adalah Andi Iwan Darmawan Aras. Andi Iwan mengklaim mempertahankan kursi Partai Gerindra dengan suara pribadi sebanyak 84.703.

    Alhamdulillah, kami masih bisa menjadi peraih suara terbanyak di tengah pertarungan yang sangat keras,” kata Andi Iwan Darmawan Aras kepada Tribun Timur, Minggu (5/5/2019).

    Iwan Darmawan Aras mengakui pertarungan di Dapil Sulsel II pada Pileg 2019 sangat sengit karena bertabur‘ bintang’ politik. “Kita bersyukur karena masyarakat masih mempercayai Gerindra dan saya untuk mewakili mereka,” katanya.

    Para bintang politik dimaksud Andi Iwan di antaranya mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Aziz Qhahar Mudzakkar (mantan anggota DPD RI), Akbar Faizal (petahana dari Partai Nasdem), Syamsul Bachri (petahana dari Partai Golkar), Andi Yagkin Padjalangi (mantan legislator DPRD Sulsel, mantan Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa.

    Namun berdasarkan data sementara yang diperoleh Tribun Timur dari situng KPU dan klaim suara dari sejumlah caleg DPR RI dapil Sulsel II, tampaknya para bintang politik tersebut hampir pasti gagal ke Senayan.

    Pasalnya perolehan suaranya tidak mencukupi atau sebagian lainnya masih kalah banyak dari pemenang.

    Meski Andi Iwan dari Gerindra menjadi pemenang secara pribadi, tapi pemenang secara partai adalah Golkar. Suara Partai Golkar menembus 400 ribu suara.

    Sehingga, Partai Golkar mengklaim berpeluang kuat meloloskan dua wakilnya yakni Andi Rio Padjalangi dan Supriansa.

    Supriansa yang juga mantan Wakil Bupati Soppeng ini mengklaim mendapatkan 54.676 suara di Partai Golkar.(int)