Karyawan PT Korindo Aria Bimasari Banyak diPHK, Suara Jimin di Pileg 2019 Menurun

    Editor: Akhiruddn

    PANGKALAN BUN,- Cerita pasca Pemilu Calon Legislatif (Caleg) sering bermunculan, termasuk cerita yang banyak dibicarakan dari mulut kemulut menimpa Jimin, mantan Anggota DPRD Provinsi Kalteng, yang disebut-sebut suaranya di Pileg 2019 menurun.

    Diduga menurunnya suara Jimin dikarena PT Korindo Aria Bimasari (KAB) banyak mem-PHK-kan karyawannya.

    Menurut sejumlah mantan karyawan PT KAB di bilangan Perumahan Beringin Rindang Pangkalan Bun, dulunya Jimin mantan karyawan Korindo. Di perusahaan milik ‘wong korea’ itu Jimin menjabat sebagai Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

    “Dulu kan Jimin anggota Banser di PDI Perjuangan Kobar, kemudian mencalonkan anggota DPRD dan berkat dukungan ribuan karyawan, buruh, perusahaan Korindo akhirnya dia lolos menjadi anggota DPRD Kabupaten Kobar,” kata salah seorang warga, Martono kepada beritasampit.co.id Kamis (9/5/2019).

    Setelah duduk di DPRD Kabupaten Kobar, Jimin kemudian maju ke DPRD Provinsi Kalteng lewat Partai Demokrat. Waktu itu Jimin terus didukung oleh puluhan staf intinya di perusahaan. Pada saat itu Jimin memang mengandalkan suara ribuan karyawan/buruh PT Korindo dan PT Korintiga Hutani.

    ”Waktu itu saya tahu persis karena ikut mendukung Jimin. Dan saat Jimin mencalonkan anggota DPRD provinsi Kalteng berhasil lolos, itu karena banyaknya dukungan karyawan dua perusahaan besar itu,” kata Martono.

    Lanjut Martono, Setelah PT KAB secara perlahan terus banyak mem-PHK-kan karyawannya dan pinalnya pada 20 Oktober 2018, Korindo melakukan pemutusan hubungan kerja kepada 1.076 orang karyawannya.

    “Nah saat Jimin kembali mencalonkan, kalau tidak salah yang ketiga kalinya nyalon ke DPRD Provinsi pada Pileg 2019 Jimin kandas ditengah jalan karena banyak karyawan Korindo yang di PHK,” tegas Marsono.

    Informasi yang didapatkan beritasampit.co.id, jumlah suara Jimin di Kabupaten Kobar 3.150, Kabupaten Lamandau 780, Kabupaten Sukamara 211, jumlah seluruhnya 4.141 suara. Jimin harus mengakui kehebatan rekan separtainya Heri Santoso, yang bisa mengumpulkan 6.203 suara.

    Jimin sendiri mengakui suaranya di Pileg 2019 menurun. ”Suara saya menurun pak,” kata Jimin kepada wartawan beritasampit.co.id, Maman Wiharja. Tapi Jimin tidak menyebut masalah karyawan Korindo banyak di PHK. “ Dunia ini kan berputar,” tutupnya. (man/beritasampit.co.id)

    Previous articlePolisi Tetapkan Eggi Sudjana sebagai Tersangka Makar
    Next articleKarya Tulis Ilmiah Guru Masih Lemah, Dosen UNS Solo ‘Turun Tangan’