Harga Bawang dan Gula Meroket di Muara Teweh, Ini Tanggapan Dinas Perdagangan

    Editor : Maulana Kawit

    MUARA TEWEH – Kebutuhan pokok mulai mengalami pelonjakan harga selama bulan ramadan, seperti harga bawang putih meroket di pasar pendopo jalan Panglima Batur kabupaten Barito Utara, Selasa (9/5/2019).

    Hal ini berdasarkan pantau dilapangan saat mengecek harga – harga barang di lapangan yakni bawang putih tembus 60.000/1Kg yang awalnya kisaran Rp. 35.000 /1 kg dan kenaikan gula Rp.14.000 /Kg yang harga standar nya Rp11.000 dari Perum bulog sub divre Muara Teweh.

    Lonjakan harga bahan pokok di bulan ramadan dianggap wajar, hal ini dikarenakan tingginya permintan konsumen sehingga membuat kelangkaan barang yang berdampak terhadap naiknya harga. Kendati demikian pemerintah terus melakukan pengawasan terhadap lonjakan harga agar tetap stabil.

    Hal tersebut diungkapkan Dinas Perdagangan melalui Kasi Distribusi dan pengamanan Perdagangan Abdul Ganti Tahir, menerangkan pihaknya terus memantau dan bersikap tegas terhadap oknum pedagang yang memanfaatkan kondisi sekarang ini untuk menaikan harga tidak wajar.

    “Hal itu wajar mengenai gejolak kenaikan barang dikarenakan stok yang terbatas dan permintaan yang tinggi hal ini bertepatan dengan bulan ramadan,” terangnya.

    Mengantisipasi oknum pedagang yang ‘nakal’ terkait harga, pihaknya akan melakukan pengecekan setiap minggu mengenai harga.

    “Selain itu kami akan membuka pasar murah yang dilakukan pada minggu ketiga bulan puasa,” pungkasnya.

    (fir/beritasampit.co.id)