Pengunjung Objek Wisata Wajib Diberi Asuransi

236
Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hj Mukarramah

PALANGKA RAYA-Guna mengantisipasi resiko yang tidak diinginkan bagi para wisatawan. Disarankan kepada pengelola objek wisata, khususnya di Kota Palangka Raya, setiap pengunjung diberi asuransi jaminan keselamatan pengunjung.

Asuransi jaminan keselamatan tersebut dibetikan secara bersamaan saat pemberian karcis masuk. Saran tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah.

“Contohnya obyek wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, ketika melakukan pungutan karcis, maka pengunjung masuk ke kawasan wisata tersebut harus ada jaminan asuransi,” saran Mukarramah.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, pemberian asuransi sudah seharusnya dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bersama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Baca Juga:   Memadamkan Karhutla dengan Helikopter Water Bomber┬áKurang Efektif

“Komisi C pernah menyampaikan hal ini, sayangnya apa yang diinginkan belum bisa terlaksana. Namun kami akan terus mendorong instansi terkait beserta pengelola obyek wisata untuk memasuransikan pengunjung yang berwisata, melalui karcis yang dipungut,” ucapnya.

Kedepan imbuh Mukarramah, instansi terkait harus sudah berorientasi kearah tersebut, meskipun disadari semuanya perlu waktu yang cukup lama agar dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

(gra/beritasampit.co.id)