Mudik Lewat Jalur Laut Jangan Takut Bisa Pilih Pelabuhan Ini?

311
Ilustrasi - Istimewa

Editor : Maulana Kawit

PALANGKA RAYA – Mudik lebaran yang menjadi tradisi orang Indonesia menjadin fenomena sosial yang kerap terjadi di pertengahkan dan akhir bulan ramadan.

Mengantisipasi lonjakan jumlah massa yang menggunakan jasa transportasi laut, pemerintah provinsi Kalimantan Tengah (Pemrov) meningkatkan pelayanan.

Salah satunya dermaga Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau yang akan disiapkan untuk mudik lebaran, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, menuturkan untuk pelabuhan tersebut pihaknya telah mempersipkan. Kendati demikian pihaknya mengakui pelabuhan Bahur masih banyak yang perlu diperbaiki dan akan menjadi prioritas kedepannya.

Baca Juga:   Sah!!! Sekda Kota Palangka Raya Resmi Dijabat H Rojikinnor

“Disitu menjadi alternatif juga untuk yang masuk dan keluar Kalimantan Tengah, jadi kita akan mempersiapkannya,” ujarnya.

Namun untuk saat ini untuk pemudik masih di fokuskan ke Pelabuhan Sampit dan Kumai. Pasalnya memang dua pelabuhan tersebut setiap tahunnya akan terjadi pergeseran bagi masyarakat yang ingin pulang kampung menggunakan armada kapal laut.

“Di Kalteng ada tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Sampit, Kumai di Pangkalan Bun dan Bahaur yang akan dipersiapkan untuk jangka panjangnya. Jadi nantinya tidak melalui banjarmasin lagi untuk pergerakan barang,” tutup Fahrizal.

Baca Juga:   Ratusan Dhuafa Datangi Kantor Kemenag Palangka Raya

(aul/beritasampit.co.id)