Ispa Dominasi Penyakit di Tampang Tumbang Anjir

361
FOTO ILUSTRASI

Editor: A Uga Gara

KUALA KURUN – Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kabupaten Gunung Mas, dr. Tony Simbolon mengatakan, penyakit inspeksi saluran pernafasan (Ispa) yang menyerang masyarakat tidak mengenal musim.

“Kalau penyakit paling dominan di sini adalah Ispa, sepanjang tahun pasti ada kasusnya. Biasanya Ispa paling banyak menyerang usia balita,” ungkapnya, Kamis (16/5/2019).

Penyakit terbanyak kedua, yakni Gastritis alias maag, Hipertensi atau tekanan darah tinggi, rematik, dan disusul asam urat.

“Kemudian penyakit diare juga menjadi perhatian, biasanya terjadi saat musim kemarau atau ketika pergantian musim,” sebutnya.

Baca Juga:   Jelang Pemilu, Pengurusan KTP-el Meningkat

Penyakit diare lebih disebabkan kosumsi makanan dan minuman yang kurang higienis, pola hidup kurang bersih, dan BAB sembarangan di sungai.

“Sejauh ini stok obat sudah mencukupi, sehingga bisa melayani semua masyarakat. Kalau Ispa kebanyakan menyerang anak kecil, kalau hipertensi dan maag dari kalangan orang tua. Kebanyakan yang berobat sudah menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan,” katanya.

(adn/beritasampit.co.id)