Kalteng Uji Publik Raperda Ketertiban Umum, Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat

545
UJI PUBLIK - Sejumlah perwakilan dari berbagai badan dan lembaga saat mengikuti uji publik Raperda pada Selasa (11/6/2019).

Editor: Akhiruddin

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar uji publik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat di Aula Eka Hapakat, komplek kantor Gubernur setempat pada Selasa (11/6/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh instansi terkait dalam lingkup Pemprov serta dihadiri oleh instansi vertikal di Kalimantan Tengah serta perguruan tinggi. Acara dibuka oleh Asisten II Provinsi Kalteng H Nurul Edy.

Dalam sambutannya H Nurul Edy mengatakan bahwa salah satu tujuan dari uji publik Raperda tersebut adalah untuk memperkuat peran serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Baca Juga:   Tradisi Simah Laut Penting di Promosikan Untuk Mendongkrak Pariwisata

“Sesuai yang diamanatkan oleh UU RI nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pasal 225 ayat 1 Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan peraturan daerah,” ucap Edy.

Dia juga menambahkan selain menegakkan Perda, Satpol PP juga dibentuk untuk menegakkan peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Dia berharap peran penting Satpol PP dalam menegakkan Perda dan Peraturan Kepala Daerah dapat terlaksana efektif dan maksimal sehingga saran atau kritik yang bersifat konstruktif dapat menjadi bahan penyempurnaan dalam draft uji publik Raperda tersebut. (apr/beritasampit.co.id)

Baca Juga:   Tiga Parpol Telah Serahkan Berkas Balon Anggota DPRD Kalteng