Dinkes Anjurkan Jendela dan Pintu Dibuka, Ini Alasannya

229
NARASUMBER - Kasi Kesehatan dan Lingkungan pada Dinkes Kotim (tengah) saat menjadi narasumber tentang sosialisasi 1 rumah dan 1 jumantik di Aulan Kantor Kecamatan MB Ketapang, Sampit. (Foto: Arifin)

Editor: Akhiruddin

SAMPIT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur menganjurkan kepada seluruh masyarakat agar tidak menutup rapat jendela maupun pintu. Alasannya, bakteri dan virus serta nyamuk mudah berkembangbiak bahkan bahaya demam berdarah bisa mengancam.

“Jendela maupun pintu rumah akan lebih bagus apabila ketika pagi hingga sore dibuka. Sebab, cahaya matahari sangat baik untuk mengusir berbagai penyakit,” ucap Kepala Dinkes Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Kasi Kesehatan dan Lingkungan Munawar Kholil pada acara sosialisasi 1 rumah 1 jumantik yang digelar Puskesmas Ketapang I di Aula Kantor Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu (12/6/2019).

Baca Juga:   AWAS! Buaya Masih Teror Warga

Dikatakannya, apabila jendela dan pintu rumah jarang dibuka kemungkinan besar akan mudah bagi nyamuk malaria untuk berkembangbiak. Disamping itu, bakteri dan virus juga tidak terhindarkan.

“Sinar matahari mengandung ultra violet dan sangat bagus apabila masuk melalui jendela maupun pintu. Sinarnya akan mengusir bakteri dan virus terutama yang tidak tahan terhadap cahaya ultra violet,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya sangat menganjurkan agar jendela dan pintu rumah senantiasa dibuka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama masalah kesehatan. (ifin/beritasampit.co.id)

Baca Juga:   SDN 1 Kota Besi Hilir Wakili Kalteng Adiwiyata Nasional