Penerimaan Siswa Baru di SMAN 1 Kurun Gunakan Sistem Online

263
Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah E. Sanggah.

Editor: Akhiruddin

KUALA KURUN – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 1 Kurun menggunakan sistem online. Ini merupakan kali pertama diterapkan di sekolah tersebut.

“Di Kabupaten Gunung Mas ada tiga SMA yang gunakan sistem online, yakni SMAN 1 Kurun, SMAN 1 Tewah dan SMAN 1 Manuhing,” ungkapnya, Rabu (12/6/2019).

Pendaftaran siswa baru dimulai sejak Senin lalu hingga 14 Juni mendatang. Sejauh ini proses pendaftaran berjalan cukup baik. Pihak sekolah bahkan membuat posko guna membantu siswa yang mengalami kesulitan ketika mendaftar secara online.

Baca Juga:   Benahi Pelayanan Kesehatan Agar Mendapat Akreditasi

“Jumlah siswa baru yang dapat ditampung sekolah kita sebenarnya sebanyak 288 orang yang terbagi menjadi delapan ruang belajar. Namun yang mampu diploting oleh diaplikasi hanya 260 orang siswa saja,” bebernya.

Persoalan tersebut telah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. “Harapan kami, kalau bisa sesuai dengan kuota yang sekolah minta. Artinya untuk delapan ruang belajar itu mampu mengakomodasi sebanyak 288 orang,” katanya.

Berdasarkan regulasi, maka pendaftaran PPDB dilakukan melalui tiga jalur, yakni jalur zonasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua/wali.

Baca Juga:   Pejabat Lingkup Pemkab,  Kecewakan Bupati Gumas. Kenapa..? 

“Jalur zonasi paling sedikit 90 persen dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak lima persen dari daya tampung sekolah,” sebutnya.

Para siswa nantinya diminta memilih ketiga jalur tersebut. Setelah itu pendaftaran berakhir, pihaknya bakal melaksanakan seleksi berdasarkan zona/jarak dan nilai ujian nasional.

“Pendaftar diharapnya mengikuti aturan yang ada. Mengisi data pribadi dan keluarga pada formulir pendaftaran sesuai fakta,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)