Minimalisasi Perceraian, Disdalduk dan KB Gumas Wacanakan Program Bimbingan Pra Nikah

149
FOTO : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunung Mas, Isaskar.

Editor : Maulana Kawit

KUALA KURUN – Guna menekan angka perceraian, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB) Kabupaten Gunung Mas rencananya bakal membuat program sosialisasi bimbingan perkawinan pra nikah bagi setiap pasangan yang hendak berumah tangga.

Kepala Disdalduk dan KB Gunung Mas, Isaskar mengatakan, pendidikan pra nikah sangat penting diberikan kepada pasangan yang hendak nikah maupun kaum muda pada umumnya.

“Sebab, jika setiap pasangan memahami tugas dan kewajiban serta meminimalisir kekurangan masing-masing, tentunya bisa membentuk rumah tangga yang yang diinginkan yaitu sakinah, mawaddah dan warohmah,” ungkapnya, Kamis (13/6/2019).

Baca Juga:   Waspadai Banjir Curah Hujan Tinggi, Das Kahayan Meluap

Menurutnya, pendidikan pra nikah juga bertujuan untuk mengantisipasi permasalahan yang kurang baik seperti gagalnya membentuk keluarga bahagia dan sejahtera. Serta, memberikan pengertian dan pemahaman yang baik tentang esestensi pernikahan, memberikan solusi alternatif dari kondisi yang rapuh dan rentannya rumah tangga yang berujung perceraian.

“Upaya ini juga bermanfaat untuk pemuda agar merencanakan keluarga yang baik dan berkualitas. Pendidikan pra nikah menjadi bekal untuk menciptakan generasi muda yang berprestasi dan tentunya dengan harapan memiliki keluarga yang sakinah,” katanya.

Baca Juga:   Ternyata Ini Pentingnya Kelola Arsip Secara Profesional

Usia muda memang usia yang bergejolak dan riskan terhadap pengaruh negatif. Maka disini memang sangat perlu pengawasan dan bimbingan.

“Selama kita bersekolah hingga kuliah, tidak pernah diberikan pemahaman maupun pengertian secara formal tentang pernikahan. Kita terpaksa belajar sendiri, baik dari orang tua maupun pengalaman orang lain,” pungkasnya.

(adn/beritasampit.co.id)