ASN Harus Memiliki Daya Saing dan Kompetensi

210
FOTO: AUL/BS - Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fikri

PALANGKA RAYA – Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelaskan hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi serta karier yang berintegritas. Akan tetapi itu harus digenjot, agar menciptakan kualitas ASN yang handal dan berkompeten dalam bidangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan untuk meningkatkan kompeten dan handal tersebut pihaknya terus berkoordinasi dengan BPSDM.

“Terus berkoordinasi agar ASN yang ada di Kalteng ini berkompeten dan handal dibidangnya masing-masing,” kata. Fahrizal Fitri.

Selain itu kemajuan teknologi juga telah memberikan terobosan baru dalam kinerja ASN melalui aplikasi sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan penyediaan data komputerisasi.

Baca Juga:   Fasilitas di Sekolah Unggulan Perlu Ditambah

“BPSDM juga mempunyai peran penting untuk meningkatkan Kompetensi ASN yaitu dalam Pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan PNS yang profesional dan memiliki kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural,” Lanjutnya.

Dalam era Revolusi Industri 4.0, Fahrizal juga menegaskan diperlukan pembaharuan pola kerjasama dengan belbagai pihak terutama dalam hal inovasi. Untuk itu perangkat daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di tuntut untuk melakukan penyesuaian terhadap berbagai kebutuhan dalam menghadapi era tersebut.

“Dengan sistem terus dikembangkan dan didukung oleh semua pihak. Karena melalui sistem teknologi informasi ini maka upaya pengembangan kompetensi ASN kedepannya betul betul menggunakan data yang valid dan uptodate sebagai basis pengambilan,” terangnya.

Baca Juga:   Ini Rahasia Gubernur Kalteng, Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit...Mau Tau?

Dengan tertatanya data kompetensi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataaan terhadap sistem penyelenggaraaan pemerintahan yang baik, efektif dan effesien. Sehingga nantinya dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional dan memiliki daya saing.

“Dimana itu salah tujuan utama Kalteng Berkah yang diinginkan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran,” pungkasnya.

(aul/beritasampit.co.id)